Bukan Cuma Mobil Sport yang Punya 4 Wheel Steering, Bus Juga Pakai

Kompas.com - 19/03/2020, 17:45 WIB
bus 3 as roda Kompas.com/Fathan Radityasanibus 3 as roda

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil-mobil sport seperti Porsche memiliki fitur 4 wheel steering. Fitur ini membuat roda belakang mobil ikut berbelok ketika sedang memutar kemudi.

Fungsi dari fitur di mobil sport yaitu menambah kelincahan ketika manuver di kecepatan tinggi yang bermanfaat saat memacu kendaraan di sirkuit.

Ternyata fitur roda belakang yang bisa berbelok juga diterapkan pada bus. Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, mengatakan, fitur roda belakang bisa berbelok dimiliki oleh sasis tertentu.

Baca juga: Cek Harga Seken Datsun dan Agya-Ayla, Siapa Lebih Murah?

ban belakang bus belokKompas.com/Fathan Radityasani ban belakang bus belok

“Kalau seperti Hino RK8JS/RN285 cuma roda depan saja yang belok. Sasis yang ban paling belakangnya ikut berbelok hanya yang premium dan memiliki tiga as roda,” kata Werry kepada Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Sasis premium yang beredar di Indonesia dan memiliki fitur tersebut yaitu Scania K410iB, Volvo B11R, dan Mercedes Benz OH 2542. Untuk sasis lainnya, yang hanya memiliki dua as roda, tidak memiliki fitur tersebut.

Baca juga: Bukti Prius PHEV Tempuh Jakarta-Yogyakarta PP Hanya Sekali Isi Bensin

“Roda belakang ikut berbelok di bus memiliki fungsi untuk membantu radius putarnya,” ucap Werry.

Fitur ini sangat berfungsi pada bus yang memiliki panjang maksimal 13,5 meter ketika parkir. Radius putar semakin kecil juga memudahkan bus ketika bermanuver di kecepatan rendah atau ingin putar balik.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X