Bukti Prius PHEV Tempuh Jakarta-Yogyakarta PP Hanya Sekali Isi Bensin

Kompas.com - 18/03/2020, 12:22 WIB
Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC) KOMPAS.comToyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Etape awal perjalanan Kompas.com Otomotif Challenge (KOC) memenuhi tantangan pembaca soal berkendara irit, sudah terpenuhi bersama Toyota Prius PHEV. Redaksi tiba dengan selamat di Kota Gudeg, Yogyakarta.

Namun demikian, perjalanan balik menuju Jakarta tetap menghantui. Pasalnya, meski tangki bensin masih kurang dari setengah, namun hasil akhir konsumsi bahan bakar hanya menyisahkan 480 km, sedangkan jarak tempuh yang harus dilalui sekitar 600 km.

Serangkaian strategi sudah disiapkan sebelum memulai perjalanan. Selain kembali menerapkan pola berkendara efesien.

Hal lain yang tak kalah penting adalah menentukan rest area yang bisa disinggah untuk mengisi daya baterai Prius PHEV sekaligus beristirahat.

Baca juga: Tantangan Jakarta-Yogyakarta PP Pakai Toyota Prius PHEV, Hanya Sekali Isi BBM

Untungnya redaksi sudah memiliki modal awal. Setelah melakukan pengisian daya semalaman di lokasi kami menginap, baterai Prius PHEV berhasil terisi penuh dengan daya jelajah sejauh 66,1 km.

Kondisi tersebut secara tak langsung membangkitkan semangat untuk menaklukan tantangan dari pembaca. Paling tidak kami bias menghemat penggunaan bahan bakar dan mengandalkan tenaga listrik.

Perjalanan dimula dari pukul 8.30 WIB, dengan rute Yogyakarta menuju Gerbang Tol Colomadu di Karanganyar sebagai akses masuk menuju Tol Trans Jawa. Modal awal 66,1 km langsung habis sesaat mendekati pintu tol.

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

Dari titik tersebut, perjalanan bersama Prius PHEV sudah langsung mengandalkan mesin bensin 1.800 cc. Irama kaki dalam menginjak pedal gas juga mulai dijaga ketat, tapi tetap dalam posisi berkendara normal tanpa mematikan pendingin udara atau berjalan berlahan.

Baca juga: Lebih Intim dengan Toyota Prius PHEV

Rintangan utama mulai terasa saat memasuki rute Semarang. Lintasanya memiliki karakater menanjak dan sedikit berliku, tak heran bila sesekali pedal gas harus diinjak lebih dalam.

Tapi ketika melintasi turunan, pedal gas kami lepas agar sistem bisa melakukan pengisian ulang ketika mobil sedang dalam posisi deselerasi. Walau tak signifikan, paling tidak bisa membantu menekan penggunaan bensin.

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X