Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stiker di Kaca Bus AKAP Bukan Sembarangan, Itu Ada Artinya

Kompas.com - 19/03/2020, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Naik bus untuk pergi ke luar kota memang menjadi salah satu pilihan saat ini. Dibukanya beberapa jalan tol membuat bepergian dengan bus diminati. Biasanya pada kaca bus AKAP ada stiker yang berupa tulisan.

Apa arti dari tulisan-tulisan tersebut? Biasanya stiker yang menempel berupa kelas dari bus AKAP, tipe sasis yang digunakan, dan model suspensi yang dipakai. Berikut ini tulisan-tulisan biasanya ada pada bus AKAP

Pertama yaitu model dari kelas busnya. Seperti yang dipasang oleh PO Sinar Jaya, mereka memasang tulisan Suites Class pada kaca busnya. Stiker ini berarti bahwa bus tersebut merupakan kelas suites dengan kursi yang bisa direbahkan.

Baca juga: Bocoran Fitur Kawasaki Ninja 250 4-silinder

bus akapKompas.com/Fathan Radityasani bus akap

Selain tipe kelas bus, banyak juga yang menempelkan merek dan tipe sasis yang digunakan oleh bus. Menurut Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, mengatakan, stiker tersebut dipakai agar meningkatkan tampilan dari busnya.

“Biar keren busnya, terutama yang pakai sasis premium seperti Scania, Mercedes Benz, dan Volvo, biasanya dipajang besar-besar,” kata Werry kepada Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Harus Matikan AC Mobil Saat Tanjakan?

Stiker yang menempel tidak hanya itu, ada juga yang menginformasikan tipe suspensi yang digunakan. Tipe suspensi yang digunakan bus ada dua macam, menggunakan per daun dan suspensi udara atau airsus.

Jika menggunakan airsus, biasanya ditemper stiker dengan tulisan Air Suspension di kaca bagian samping bus tersebut. Penggunaan airsus juga dianggap lebih nyaman dibanding bus dengan per daun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com