Stiker di Kaca Bus AKAP Bukan Sembarangan, Itu Ada Artinya

Kompas.com - 19/03/2020, 16:21 WIB
bus suites class Kompas.com/Fathan Radityasanibus suites class

JAKARTA, KOMPAS.com – Naik bus untuk pergi ke luar kota memang menjadi salah satu pilihan saat ini. Dibukanya beberapa jalan tol membuat bepergian dengan bus diminati. Biasanya pada kaca bus AKAP ada stiker yang berupa tulisan.

Apa arti dari tulisan-tulisan tersebut? Biasanya stiker yang menempel berupa kelas dari bus AKAP, tipe sasis yang digunakan, dan model suspensi yang dipakai. Berikut ini tulisan-tulisan biasanya ada pada bus AKAP

Pertama yaitu model dari kelas busnya. Seperti yang dipasang oleh PO Sinar Jaya, mereka memasang tulisan Suites Class pada kaca busnya. Stiker ini berarti bahwa bus tersebut merupakan kelas suites dengan kursi yang bisa direbahkan.

Baca juga: Bocoran Fitur Kawasaki Ninja 250 4-silinder

bus akapKompas.com/Fathan Radityasani bus akap

Selain tipe kelas bus, banyak juga yang menempelkan merek dan tipe sasis yang digunakan oleh bus. Menurut Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, mengatakan, stiker tersebut dipakai agar meningkatkan tampilan dari busnya.

“Biar keren busnya, terutama yang pakai sasis premium seperti Scania, Mercedes Benz, dan Volvo, biasanya dipajang besar-besar,” kata Werry kepada Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Harus Matikan AC Mobil Saat Tanjakan?

Stiker yang menempel tidak hanya itu, ada juga yang menginformasikan tipe suspensi yang digunakan. Tipe suspensi yang digunakan bus ada dua macam, menggunakan per daun dan suspensi udara atau airsus.

Jika menggunakan airsus, biasanya ditemper stiker dengan tulisan Air Suspension di kaca bagian samping bus tersebut. Penggunaan airsus juga dianggap lebih nyaman dibanding bus dengan per daun.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X