Kompas.com - 19/03/2020, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kepala lebih baik dari satu. Idiom itu terbukti saat melihat Spark, motor custom karya kolaborasi dua bengkel ternama Speedking Garage asal Bandung, Jawa Barat dan AJM Motorwerks Singkawang di Kalimantan Barat.

Memakai basis Honda Astrea Grand 1993, dua bengkel ini menghasilkan motor custom bergaya Land Speeder, yaitu motor yang didesain untuk memecahkan rekor kecepatan trek lurus di padang garam.

Susanto Gunawan, punggawa Speedking Garage, mengatakan, pemilihan mesin bebek berkubikasi kecil disesuaikan dengan konsep awal Spark yaitu percikan kecil yang dapat memberikan efek besar.

Baca juga: Modifikasi Yamaha Scorpio New Jadi Steko, Siapkan Dana Rp 3 Juta

Honda Grand Land Speeder Foto: Istimewa Honda Grand Land Speeder

"Mesin Honda bebek sudah tidak diragukan performanya dan sangat identik dengan nama besar Honda," kata pria yang dikenal dengan sebutan Yank Speedking kepada Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Karena konsepnya kolaborasi maka pengerjaan dilakukan secara parsial. Speedking membuat desain, komponen detail dan pengecatan. Adapun AJM mengerjakan sasis, pengelasan, kelistrikan dan assembly.

Menganut gaya Land Speeder, motor yang hanya membutuhkan waktu dua bulan ini menonjolkan rangkaian sasis yang rumit. Desain sasis rigid yang disebut space trust memberikan kesan kuat tapi ringan.

"Sangat berhubungan dengan power weight ratio, selain itu tangki dan tempat kelistrikan di desain berada dalam sasis supaya tetap aerodinamis," kata Yank.

Honda Grand Land Speeder KOMPAS.com/Gilang Honda Grand Land Speeder

Baca juga: Imbas Corona, Motor Custom Indonesia Batal Tampil di Amerika

Mengimbangi rangka yang rumit kaki-kaki dibuat minimalis. Suspensi depan mengunakan milik Honda CB, teromol depan custom tanpa piranti rem, sedangkan belakang hanya dibekali rem teromol.

Pelek depan lingkar 17 inci berbahan alumunium dilengkapi ban slick, sedangkan pelek belakang dilengkapi penutup (wheeldop) untuk meningkatkan aerodinamis sekaligus mendongkrak penampilan.

"Karena desainnya mengikuti motor zaman dulu di padang garam, jadi kita buat depannya brakeless," kata Yank.

Honda Grand Land Speeder Foto: Istimewa Honda Grand Land Speeder

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.