Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Singkat Soal Mobil Murah Daihatsu Ayla di Indonesia

Kompas.com - 19/03/2020, 07:12 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memenuhi mobil dengan harga terjangkau, irit, serta ramah lingkungan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya resmi meluncurkan Ayla di pasar Indonesia pada 2013 lalu.

Mobil yang masih satu darah dengan Toyota Agya ini pun bermain di segmen low cost green car alias LCGC. Keduanya pun saat itu hanya dibekali mesin tiga silinder berkubikasi 1.000 cc dengan kode 1KER-DE.

Kehadiran Ayla sebagai mobil murah dengan harga yang terjangkau, seperti uang koin yang memiliki dua sisi. Pertama memberikan pilihan baru bagi masyarakat menegah ke bawah, sementara sisi lainnya dianggap sebagai penyumang kemacetan.

Baca juga: Waspada, Tol Layang Jakarta-Cikampek Banyak Teroris Bahu Jalan

Ilustrasi Daihatsu Ayla (merah) dan Toyota Agya (biru)KompasOtomotif Ilustrasi Daihatsu Ayla (merah) dan Toyota Agya (biru)

Namun seiring berjalannya waktu, Ayla pun mulus berakselerasi dengan penerimaan pasar yang cukup baik. Bahkan tak butuh waktu lama, Daihatsu juga mengekspor Ayla kebeberapa negara tetangga.

Perubahan besar terjadi pada 2017 lalu. Setelah empat tahun mendapat sambutan yang meriah, Daihatsu mengenalkan Ayla generasi kedua dengan tampilan yang lebih menggoda dari versi sebelumnya.

Tampilan Ayla terlihat lebih segar dengan pilihan mesin baru, 1.2L.Donny A/KompasOtomotif Tampilan Ayla terlihat lebih segar dengan pilihan mesin baru, 1.2L.

Tampangnya dibuat stylish, dan sudah mengusung projector headlamp lengkap dengan LED daytime running light (DRL). Interior juga dibuat lebih menarik dengan nuansa sporty.

Baca juga: Cek Harga Seken Datsun dan Agya-Ayla, Siapa Lebih Murah?

Perangkan hiburan juga sudah mendapat pembaruan dengan Audio 2 DIN layar sentuh dengan tombol audio pada gagang kemudinya. Bahkan Daihatsu juga melengkapi dengan fitur Immobilizer sebagai sarana keamanan.

Daihatsu Ayla dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Daihatsu memberikan potongan harga hingga tujuh juta rupiah.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Daihatsu Ayla dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Daihatsu memberikan potongan harga hingga tujuh juta rupiah.

Tak hanya sekadar tampilan dan fitur yang dihadirkan dalam kemasan baru, pada generasi kedua tersebut untuk pertama kalinya Daihatsu juga menyuguhkan Ayla dengan pilihan mesin yang lebih bertenaga, yakni 1.200 cc Dual VVT-i.

Mesin berkode 3NR-VE tersebut dipasang dengan bumbui perangkat stabilizer, baik di sektor belakang dan depan yang berguna untuk memberikan kestabilan saat mobil dikendarai bahkan dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Cek Harga Seken Datsun dan Agya-Ayla, Siapa Lebih Murah?

Daihatsu Ayla 1.2L di kawasan Ciwidey, Bandung.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Daihatsu Ayla 1.2L di kawasan Ciwidey, Bandung.

Tepat hari ini, Kamis (19/3/2020), ADM pun kembali menyegarkan Ayla berbarengan dengan Agya. Versi facelift dari mobil murah ramah lingkungan ini diklaim lebih signifikan dengan tongkorngan visual depan yang dibuat makin sporty.

Bahkan dari beberapa bocoran yang ada dikabarkan Ayla facelift 2020 akan dilengkapi dengan fitur-fitur modern, sehingga membuatnya naik kelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com