Modifikasi Yamaha Scorpio New Jadi Steko, Siapkan Dana Rp 3 Juta

Kompas.com - 06/03/2020, 18:02 WIB
Yamaha Scorpio dengan tangki kotak atau yang dikenal dengan nama Steko (Scorpio tengki kotak). Ari PurnomoYamaha Scorpio dengan tangki kotak atau yang dikenal dengan nama Steko (Scorpio tengki kotak).
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Keberadaan Yamaha Scorpio Completely Built Up ( CBU) atau yang dikenal dengan Scorpio tangki kotak ( Steko), sudah sulit didapatkan saat ini.

Sementara, masih banyak pencinta sepeda motor berkubikasi 225 cc yang ingin meminang motor yang tampilannya mirip dengan RX-King tersebut.

Kalau pun ada, kondisinya kebanyakan sudah tidak lagi original atau sudah banyak ubahan. Atau kalau tidak, kondisi mesin juga sudah tidak lagi sesuai dengan standarnya.

Alhasil banyak pencinta motor berjuluk kalajengking ini kemudian melakukan modifikasi Scorpio New dengan baju Steko.

Memang tidak perlu banyak ubahan yang harus dilakukan oleh pemilik motor. Hanya baju-baju dan beberapa aksesori yang menjadi pembeda dengan Scorpio New.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini saat Membeli Yamaha Scorpio

Ketua Umum Adventure Scorpio Indonesia Club Surakarta ( ASICS), Patrice Haryanto mengatakan, beberapa ubahan yang perlu dilakukan jika akan membuat Steko.

“Seperti lampu kotak, tangki, air scoop atau paru, slebor belakang, stoplamp dan juga bagian knalpotnya,” kata pria yang akrab dipanggil Lik Totok itu kepada Kompas.com, Kamis (5/3/2020).

Air Scoop atau disebut dengan paru yang menempel pada tangki Steko.Ari Purnomo Air Scoop atau disebut dengan paru yang menempel pada tangki Steko.

Untuk mengaplikasikannya, tidak perlu melakukan ubahan pada rangka karena sudah langsung pasang atau plug and play (pnp) saja.

Lik Totok menyarankan, bagi pemilik Scorpio yang ingin mengubah Steko menyiapkan dana sebesar Rp 3 juta.

“Kalau untuk membeli perlengkapan komplitnya sekitar Rp 3 jutaan, karena sekarang barangnya sudah susah dan harganya juga sudah tinggi,” ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X