Hasil Konsumsi BBM Prius PHEV Tempuh Jakarta-Yogya PP, Tembus 30 Kpl

Kompas.com - 18/03/2020, 17:01 WIB
Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC) KOMPAS.comToyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski banyak drama, namun akhirnya tantangan pembaca mengenai berkendara irit menempuh Jakarta- Yogyakarta dan kembali lagi ke Jakarta, berhasil redaksi Kompas.com lalui.

Menggunakan Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), redaksi suskes menempuh perjalanan sejauh 1.160 km hanya dengan melakukan satu kali pengisian bensin di edisi perdana Kompas.com Otomotif Challenge.

Seperti dibahas pada artikel sebelumnya, posisi terakhir volume bensin di tangki sudah dalam keadaan rest, atau hanya menyisahkan sekitar 5-6 liter.

Baca juga: Tantangan Jakarta-Yogyakarta PP Pakai Toyota Prius PHEV, Hanya Sekali Isi BBM


Namun demikian, jarak tempuh yang tertera pada MID masih bisa menunjukkan bila Prius PHEV mampu berjalan hingga 39 km lagi. Sementara daya untuk baterai sudah benar-benar habis terkuras.

Sesampainya di SPBU Pertamina MT Haryono, redaksi langsung melepas segel di tangki bensin untuk kembali melakukan pengisian bahan bakar. Metode full to full dilakukan untuk mengetahui lebih akurat berapa rata-rata bensin yang digunakan selama perjalan.

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

Toyota Prius PHEV memiliki kapasitas bensin penuh sebesar 43 liter. Redaksi pun kembali melakukan pengisian penuh, dan hasilnya bensin yang keluar dari dispenser SPBU berhenti di angka 37,8 liter.

Bila total tangki BBM Prius memiliki kapasitas 43, artinya masih ada sekitar 5,2 liter bensin di dalamnya. Dengan demikian, untuk menempuh jarak 1.160 km dari Jakarta ke Yogyakarta dan kembali lagi ke Jakarta, Prius hanya menghabiskan bensin sekitar 37,8 liter.

Baca juga: Mungkinkah Jakarta-Yogyakarta Pulang Pergi Tanpa Isi Bensin?

Sementara untuk mendapatkan hitungan akuransi BBM-nya per liternya, tinggal dibagi antara total jarak tempuh dan jumlah pengisian bensin kembali setelah tiba di Jakarta, yakni 1.160 km : 37,8 liter, maka hasilnya 30,68 liter.

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

Artinya, 1 liter bensin Prius PHEV mampu digunakan atau dikonsumsi untuk menempuh jarak sejauh 30,68 km.

Jumlah yang signifikan mengingat kami berkendara dengan kondisi normal, tanpa sengaja jalan pelan atau pun mematikan pendingin kabin (AC).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X