Variasi Kelas Bus AKAP, mulai Kelas Ekonomi sampai Super Executive

Kompas.com - 18/03/2020, 16:01 WIB
suites class karoseri laksana Kompas.com/Fathan Radityasanisuites class karoseri laksana

JAKARTA, KOMPAS.com – Bepergian ke tempat yang jauh dengan transportasi umum, bisa menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Biasanya bus AKAP ini memiliki kelas atau tipe dari tempat duduknya.

Secara umum, bus memiliki kelas seperti Ekonomi, Bisnis, VIP, Eksekutif, dan yang terbaru ada Suites.

Apa saja perbedaan dari kelas-kelas tersebut?

Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam, mengatakan, untuk kelas ekonomi, biasanya ada di jumlah dan konfigurasi kursinya. Jumlah penumpang di kelas ekonomi lebih banyak.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Asosiasi Ojol Minta Penumpang Bawa Helm Sendiri

Kabin busKompas.com/Fathan Radityasani Kabin bus

“Ekonomi biasanya model kursinya 2-3, dua di kiri dan tiga di kanan. Bus nya sudah memakai Air Conditioner (AC) tetapi belum ada toiletnya,” ucap Anthony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kelas di atas ekonomi, yaitu ada bisnis. Kelas bisnis pada PO bus AKAP biasanya berbeda-beda fasilitas dan konfigurasi kursinya.

Misalnya pada bus dari PO Lorena, kelas bisnisnya memiliki konfigurasi kursi 2-3.

Sedangkan pada PO lain seperti Rosalia Indah dan Harapan Jaya memiliki konfigurasi kursi 2-2 dan diberi selimut. Kelas bisnis biasanya sudah memiliki fasilitas toilet di kabinnya.

Baca juga: Toyota Agya Facelift Naik Kelas dengan Fitur Baru

Setelah kelas bisnis, ada VIP. Pada dasarnya, tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas bisnis, bisa juga penamaan yang berbeda antar PO.

Memiliki konfigurasi kursi 2-2 sehingga kabin bus terasa lebih lega. Serta ada PO yang memberikan tambahan bantal seperti Harapan Jaya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X