Kopdar Komunitas Motor Berkurang karena Virus Corona

Kompas.com - 17/03/2020, 07:42 WIB
Parkir motor khusus moge mulai menjamur di beberapa lokasi incaran para biker seva.idParkir motor khusus moge mulai menjamur di beberapa lokasi incaran para biker

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap komunitas atau klub sepeda motor memiliki tradisi untuk berkumpul atau biasa disebut kopi darat (kopdar). Dengan adanya imbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah, tentu jadwal kopdar komunitas motor ikut terpengaruh.

Denny Yamka, dari Honda Tiger Mailing List (HTML) Selataners mengatakan, dirinya dan teman-temannya akan mengikuti arahan dan rekomendasi pemerintah terkait virus Corona saat ini.

Baca juga: Virus Corona dan Budaya Tos Serta Pelukan Anak Motor

"Kita tentu akan mengurangi aktivitas di luar rumah dan kegiatan lainnya. Berhubung hal ini baru diinfokan minggu ini, segera akan kami sosialisasikan ke teman-teman yang lain," ujar Denny, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Beberapa mall di Jakarta mulai sediakan parkir khusus moge, alias sepeda motor dengan kapasitas mesin besar.7leopold7.com Beberapa mall di Jakarta mulai sediakan parkir khusus moge, alias sepeda motor dengan kapasitas mesin besar.

Denny menambahkan, rutinitas kopdar kemungkinan akan dikurangi dan bisa lebih aktif di media sosial. Namun, jika memang ada kebutuhan pertemuan yang mendesak baru akan diagendakan untuk berkumpul.

"Pertemuan tatap muka mungkin akan berkurang, tapi tentu kami tetap melakukan komunikasi dengan baik," kata Denny.

Baca juga: Jika MotoGP Batal karena Virus Corona, Pebalap Gagal Gajian

Arbi Darmawan, dari Honda MegaPro Club (HMPC) Jakarta, mengatakan, belum ada instruksi untuk tidak kopdar. Namun, teman-teman sesama anggota komunitas juga sudah saling mengingatkan untuk antisipasi penyebaran virus Corona.

"Kita juga sudah saling mengingatkan untuk anggota yang sakit, seperti demam, batuk, dan flu, untuk istirahat saja di rumah. Kalau memang harus beraktivitas di luar rumah, sebaiknya menggunakan masker, tapi lebih disarankan untuk beristirahat," ujar Arbi.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X