Lebih Dekat dengan Tampilan Suzuki XL7

Kompas.com - 11/03/2020, 18:50 WIB
Suzuki XL7 KOMPAS.com/RulySuzuki XL7
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan gebrakan di pasar otomotif nasional tahun ini dengan meluncurkan produk baru berjenis low sport utility vehicle (LSUV).

Diperkenalkan pada awal Februari 2020 lalu, mobil yang dinamakan XL7 ini sontak mendapat atensi tersendiri dari para pecintanya.

Selain karena menggunakan basis yang sama seperti Suzuki Ertiga, mobil membawa tiga kriteria penting sebagai kendaraan idaman masyarakat Indonesia.

Tiga kriteria tersebut adalah model yang bagus dengan kapasitas 7-penumpang, harga terjangkau (Rp 230 juta sampai Rp 267 juta), serta hemat bahan bakar.

Baca juga: Perbandingan Harga Mobil Baru, Mitsubishi Xpander dan Suzuki XL7

Tampang Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Tampang Suzuki XL7

Meski menggunakan platform Heartect yang sama seperti Ertiga, karakteristik dan nuansa yang dibawa oleh XL7 benar-benar berbeda. Cukup banyak perubahan mulai dari dimensi, eksterior, interior, hingga fitur pendukungnya.

Dibandingkan Ertiga, XL7 memiliki dimensi yang lebih luas dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm. Adapun wheelbase-nya adalah 2.740 mm dengan ground clearance 200 mm, lebih tinggi 20 mm.

Ground Clearance Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Ground Clearance Suzuki XL7

Tidak sampai di sana, tampang XL7 juga dibuat lebih gagah dengan desain wajah baru beserta bentuk lampu utama yang sudah LED. Bila dilihat secara seksama, grill baru dengan tambahan garis menyambung sampai ke bagian lampu membuat mobil nampak lebih agresif.

Kemudian, rumah fog lamp juga dibuat beda, lebih ringkas namun tetap menggunakan warna hitam. Lalu disambung dengan bumper baru yang disematkan aksen silver kontras di bagian tengah bawah.

Baca juga: Bahas Kelebihan Spion Pintar di SUV Murah Suzuki XL7

Tampak samping dari Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Tampak samping dari Suzuki XL7

Pada bagian samping, mobil memang tidak punya banyak lekukan futuristik. Tapi, perubahan over fender yang sedikit lebih besar menambah kesan gagah. Alur hitam di bagian itu terus dibuat menyambung hingga side skirt dan bumper bagian depan dan belakang.

Belum selesai, Suzuki juga menyematkan roof rail dan spoiler belakang (khusus Alpha) untuk mempertegas karakter XL7 sebagai SUV, bukan seperti Ertiga yang golongan MPV.

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Bagian belakang XL7 sekilas memang masih ada rasa-rasa buritan milik Ertiga. Hanya saja bumper dan pintu belakang sedikit berbeda karena sudah dibalur aksen krom.

Adapun lampu bagian belakang sudah dipadukan dengan LED dengan jalur, sementara bumper-nya dengan garnish krom.

Untuk diketahui, XL7 tersedia dalam tiga varian yang masing-masing ada pilihan transmisi manual dan otomatiknya, yakni, Zeta, Beta, dan Alpha.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X