Tren Modifikasi Bergaya Motor Custom

Kompas.com - 11/03/2020, 17:01 WIB
Yamaha  XSR 155 cafe racer Foto: Bayu NurpatriaYamaha XSR 155 cafe racer

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2020, pilihan sepeda motor bergaya retro tak lagi hanya Kawasaki W175 saja. Sekarang, konsumen juga dimanjakan dengan hadirnya Yamaha XSR155.

Kedua motor ini memiliki gaya yang tak berbeda jauh. Baik W175 maupun XSR155 masih memiliki nuansa retro dan cocok apabila dijadikan motor custom.

Baca juga: Tren Motor Custom 2020, Gaya yang Bisa Dipakai Harian

Andi Akbar, pembuat motor custom dari bengkel Katros Garage, mengatakan, modifkasi motor di dunia custom di Indonesia akan banyak. Menurutnya, custom sudah bukan kata kerja lagi, tapi sudah seperti tren juga.

Kawasaki W175 CafeKOMPAS.com / Aditya Maulana Kawasaki W175 Cafe

"Tren motor custom ini banyak yang hanya ubahan modifikasi saja, bukan custom. Kalau custom, itu kan memang dibuat khusus dan jumlahnya terbatas. Sedangkan aksesori untuk modifikasi, umumnya diproduksi dalam jumlah banyak," ujar pria yang akrab disapa Atenk tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Atenk menambahkan, modifikasi bergaya motor custom yang diprediksinya akan banyak beredar juga sederhana saja ubahannya. Modifikasinya lebih kepada penggunaan harian.

Baca juga: Pemerintah Perlu Bikin Asosiasi untuk Pembuat Motor Custom

Bila dilihat definisi modifikasi dan custom yang berkembang di Indonesia juga memiliki perbedaan. Modifikasi mengacu pada perubahan motor yang dilakukan dengan penambahan atau penggantian suku cadang

Kata modifikasi di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki pengertian pengubahan atau perubahan. Sedangkan custom dalam bahasa Inggris, jika diterjemahkan artinya "dibuat menurut pesanan".



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X