Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Motor Lawas yang Harganya Masih Mahal, sampai Tembus Rp 100 Juta

Kompas.com - 03/03/2020, 17:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pecinta otomotif umumnya juga menggemari sepeda motor klasik. Tak heran jika harga roda dua keluaran zama dulu atau jadul bisa tetap tinggi harganya.

Namun, tak sembarang motor klasik harganya bisa tetap tinggi. Biasanya, yang populasinya sedikit atau langka, serta memang sedang tren.

Baca juga: Biaya Restorasi Yamaha RX-King Bisa Tembus Rp 50 Jutaan

Ada beragam motor klasik yang sedang tren sekarang ini, seperti Honda Win 100 atau Astrea Grand. Selain tren, pamor sebagai motor legendaris juga bisa menaikkan harga, seperti NSR 150 R, Yamaha RX-King, dan Kawasaki Ninja 150.

1. Honda Astrea Grand

Honda Astrea Grand Bulus Foto: Youtube Honda Astrea Grand Bulus

Motor bebek yang satu ini bisa dibilang berperan dalam menumbuhkan tren bebek retro belakangan ini. Astrea Grand ada dua tipe, pertama model tahun 1991 dengan buritan yang rata. Sedangkan yang kedua, di atas lampu belakang sudah ada tambahan lampu kecil.

Model yang banyak dicari atau mulai tren adalah generasi awal. Motor bebek ini bisa juga disebut dengan "Astrea Bulus". Untuk pasarannya sendiri, ada di kisaran Rp 8 jutaan, tergantung kondisinya.

2. Honda Win 100

Tren Honda Win 100 terus meningkatKompas.com/Donny Tren Honda Win 100 terus meningkat

Motor sport atau biasa disebut "motor batangan" ini punya tampilan cukup unik. Meski menggunakan rangka seperti motor sport pada umumnya, tapi mesin yang digunakan sama seperti motor bebek. Posisi mesinnya masih horizontal.

Irfan Farid, pemilik toko Roda Gila 99, mengatakan, tren Win 100 sekarang ini ada dua gaya. Pertama yang memilih untuk restorasi dan kedua memilih untuk dimodifikasi.

"Umumnya, gaya modifikasi yang diangkat adalah semi trail," ujar Irfan, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Irfan menambahkan, Win 100 tahun 1984 yang sudah direstorasi dengan kondisi 90 persen, harganya mencapai Rp 28 jutaan. Sedangkan untuk yang sudah dimodifikasi bergaya semi trail, ada di kisaran Rp 18 jutaan.

Baca juga: Harga Motor Lawas Yamaha RX-K Bisa Tembus Rp 100 Juta

3. Honda NSR 150

Honda NSR 150Macantua.com Honda NSR 150

NSR 150 ada beberapa seri, mulai dari NSR 150 R, NSR 150 RR Astra, NSR 150 RR, dan NSR 150 SP. Motor sport 2-tak ini bisa dibilang sebagai motor hobi. Populasinya di Indonesia tidak banyak dan motornya juga sudah tidak diproduksi. Sehingga, harga yang ditawarkan sekarang relatif tinggi.

"Harganya benar-benar naik jauh sekarang. Gara-gara banyak moge bermunculan dan banyak motor baru masuk ke Indonesia, jadi 2-tak makin prestis," ujar Joey Tumanduk, salah satu pengguna NSR 150 series, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Joey menambahkan, NSR 150 SP dulu masih Rp 35 jutaan. Tapi sekarang bisa mencapai Rp 100 jutaan dengan kondisi sehat dan surat-surat lengkap serta asli. NSR 150 RR Astra dulu sekitar Rp 16 jutaan sampai Rp 25 jutaan, sekarang pasarannya Rp 65 jutaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com