Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Motor Lawas yang Harganya Masih Mahal, sampai Tembus Rp 100 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pecinta otomotif umumnya juga menggemari sepeda motor klasik. Tak heran jika harga roda dua keluaran zama dulu atau jadul bisa tetap tinggi harganya.

Namun, tak sembarang motor klasik harganya bisa tetap tinggi. Biasanya, yang populasinya sedikit atau langka, serta memang sedang tren.

Ada beragam motor klasik yang sedang tren sekarang ini, seperti Honda Win 100 atau Astrea Grand. Selain tren, pamor sebagai motor legendaris juga bisa menaikkan harga, seperti NSR 150 R, Yamaha RX-King, dan Kawasaki Ninja 150.

1. Honda Astrea Grand

Model yang banyak dicari atau mulai tren adalah generasi awal. Motor bebek ini bisa juga disebut dengan "Astrea Bulus". Untuk pasarannya sendiri, ada di kisaran Rp 8 jutaan, tergantung kondisinya.

2. Honda Win 100

Irfan Farid, pemilik toko Roda Gila 99, mengatakan, tren Win 100 sekarang ini ada dua gaya. Pertama yang memilih untuk restorasi dan kedua memilih untuk dimodifikasi.

"Umumnya, gaya modifikasi yang diangkat adalah semi trail," ujar Irfan, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Irfan menambahkan, Win 100 tahun 1984 yang sudah direstorasi dengan kondisi 90 persen, harganya mencapai Rp 28 jutaan. Sedangkan untuk yang sudah dimodifikasi bergaya semi trail, ada di kisaran Rp 18 jutaan.

3. Honda NSR 150

"Harganya benar-benar naik jauh sekarang. Gara-gara banyak moge bermunculan dan banyak motor baru masuk ke Indonesia, jadi 2-tak makin prestis," ujar Joey Tumanduk, salah satu pengguna NSR 150 series, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Joey menambahkan, NSR 150 SP dulu masih Rp 35 jutaan. Tapi sekarang bisa mencapai Rp 100 jutaan dengan kondisi sehat dan surat-surat lengkap serta asli. NSR 150 RR Astra dulu sekitar Rp 16 jutaan sampai Rp 25 jutaan, sekarang pasarannya Rp 65 jutaan.

4. Yamaha RX-King

Yusuf Arief, pemilik RX-King generasi awal yang biasa disebut RX-King Cobra, mengatakan, dirinya pernah mendapati ada RX-King yang dijual dengan harga Rp 11 jutaan. Namun, bisa dibilang kondisinya jauh dari kata sempurna.

"Harganya sudah tidak menentu sekarang. Saya dapat Rp 11 juta tapi itu masih bahan, mesti banyak ganti. Kalau kondisi bagus tergantung yang jual, bisa Rp 20 juta bahkan lebih," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

RX-King sekarang ini kisarannya mulai dari belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah. Tentunya, tergantung dari kondisi fisik dan kelengkapan dokumennya.

5. Kawasaki Ninja 150

Kawoh, dari diler Sukses Motor di bilangan Pasar Rebo, Jakarta Timur, mengatakan, Ninja 150 banyak dicari karena selain motornya sudah tidak diproduksi, harganya juga bertahan.

"Ninja 2-tak tahun 2011 harga jualnya bisa mencapai Rp 21 jutaan untuk tipe R dan Rp 25 jutaan untuk yang RR," kata Kawoh.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/03/171200615/5-motor-lawas-yang-harganya-masih-mahal-sampai-tembus-rp-100-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke