Hindari Patah Sokbreker, Begini Teknik Benar Menghajar Jalan Berlubang

Kompas.com - 02/03/2020, 19:02 WIB
Direktorat Jenderal Bina Marga mendatangi lokasi jalan rusak yang viral di media sosial lantaran dijadikan tempat objek foto model di Kecamatan Batumarta, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Senin (4/3/2019). ISTIMEWA/Direktorat Jenderal Bina MargaDirektorat Jenderal Bina Marga mendatangi lokasi jalan rusak yang viral di media sosial lantaran dijadikan tempat objek foto model di Kecamatan Batumarta, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Senin (4/3/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah dihadapkan dengan musim hujan atau banjir, kondisi jalanan biasanya banyak mengalami perubahan.

Jalan yang semula mulus, bisa langsung berlubang, bahkan dengan kedalaman yang cukup untuk membuat kaki-kaki mobil rusak.

Apalagi kondisi lubang yang tergenang air, membuat pengemudi tidak bisa mengetahui kedalaman lubang sesungguhnya. Oleh karena itu, perlu beberapa antisipasi agar roda mobil tidak terlalu parah menghajar lubang.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, ada beberapa cara menghajar lubang dengan aman.

Baca juga: Mobil Terlaris Januari 2020, Brio Kejar Avanza, Xpander Tertinggal

Ilustrasi aquaplaningwww.reifen.de Ilustrasi aquaplaning

Pertama dengan mengurangi kecepatan kendaraan. Dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi, pengemudi dapat mengantisipasi, misal dengan menghindar atau melewatinya dengan pelan.

Kedua, jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan. Jaga jarak itu penting, lagi-lagi agar pengemudi dapat memprediksi kejadian yang bakal terjadi di depan.

“Saat terpaksa melibas lubang, jaga kecepatan dan lewatilah lubang dengan pelan dan lembut,” ujar Sony kepada Kompas.com (2/3/2020).

Baca juga: Fortuner Bekas Lebih Dicari ketimbang Pajero Sport

Ilustrasi sokbreker mobilwww.kwikkarrichardson.com Ilustrasi sokbreker mobil

“Kurangi kecepatan dari jarak yang jauh, agar tidak diseruduk dari belakang. Giring mobil untuk melambat, caranya dengan mengerem sejak jauh sebelum melewati lubang agar mobil di belakang ikut melambat,” katanya.

Kalau ternyata kecepatan mobil terlalu tinggi, pastikan berusaha kurangi kecepatan kendaraan sebelum melibas lubang, caranya dengan lepas gas dan rem perlahan.

“Saat melibas lubang, posisi rem jangan diinjak untuk menghindari patah sokbreker. Efek menghajar lubang jarang membuat ban bocor, tapi kadang bisa bikin ban bunting,” ucap Sony.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X