Antisipasi Virus Corona, MotoGP Thailand Juga Akan Ditunda

Kompas.com - 02/03/2020, 18:24 WIB
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, saat tampil pada kualifikasi MotoGP Thailand, di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Sabtu (5/10/2019). AFP/LILLIAN SUWANRUMPHAPebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, saat tampil pada kualifikasi MotoGP Thailand, di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Sabtu (5/10/2019).
|

BANGKOK, KOMPAS.com - Setelah pembatalan kelas MotoGP di seri perdana Qatar pada 8 Maret mendatang, seri kedua yang rencananya berlangsung di Thailand pada 22 Maret mendatang juga akan ditunda.

Mengutip laporan kantor berita Perancis, AFP, Wakil Perdana Menteri Thailand Anutin Charnvirakul, mengonfirmasi bahwa balapan akan ditunda akibat penyebaran wabah virus Covid-19 alias Corona di negara itu.

Baca juga: Seri Pembuka MotoGP Qatar Batal karena Virus Corona

"Saya tidak mengatakan itu dibatalkan, saya hanya mengatakan itu ditunda sampai waktu yang memungkinkan kita untuk menggelar acara balapan," kata Anutin kepada AFP dikutip Senin (2/3/2020).

Pebalap MotoGP saat bersaing di sirkuit Buriram, Thailand. (Photo by Lillian SUWANRUMPHA / AFP)LILLIAN SUWANRUMPHA Pebalap MotoGP saat bersaing di sirkuit Buriram, Thailand. (Photo by Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

Meski sudah ada konfirmasi dari pemerintah Thailand tapi belum ada pengumuman serupa dari Dorna Sport selaku penyelenggara MotoGP.

"Itu karena virus corona. Kita harus menunda hari ini sampai pemberitahuan lebih lanjut. Kita harus mengikuti keadaan di seluruh dunia dan itu adalah demi kepentingan terbaik bangsa dan juga para pesertanya," kata Anutin.

Seperti diberitakan, seri perdana MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 Maret 2020, batal akibat dampak penyebaran  virus corona. Meski begitu, Moto2 dan Moto3 masih ada harapan digelar di Qatar sesuai jadwal.

Baca juga: Pebalap MotoGP Kecewa Seri Pertama Qatar 2020 Batal

"FIM, IRTA, dan Dorna menyesal mengumumkan pembatalan semua sesi kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan," tulis pernyataan resmi penyelenggara mengutip MotoGP.com, Minggu (2/3/2020).

Keputusan membatalkan kelas MotoGP di seri pembuka tak lepas dari upaya Pemerintah Qatar untuk membatasi penyebaran virus corona di negara kaya minyak tersebut.

Pemerintah Qatar menyeleksi ketat para pendatang dari Italia. Semua yang datang dari Italia lewat penerbangan langsung atau telah berada di negeri piza dalam dua pekan terakhir akan masuk karantina selama 14-28 hari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X