Pengemudi Baru, Perhatikan Enam Persiapan Sebelum Mobil Jalan

Kompas.com - 26/02/2020, 09:22 WIB
cek mobil Kompas.com/Fathan Radityasanicek mobil

DEPOK, KOMPAS.com – Mengemudikan mobil tidak hanya sebatas bisa menyetir. Khusus untuk pengemudi baru, sebelum mobil jalan, harus mengecek kondisi kendaraan secara komprehensif. Jangan sampai terlewat, karena bisa jadi hal yang membahayakan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) di Depok, mengatakan, kalau sebelum mengemudi, pengemudi bisa melakukan pre-trip inspection atau mengecek kondisi kendaraan sebelum dikendarai.

Tahapan pemeriksaan kendaraan diuraikan sebagai berikut:

  1. Mulai dari pintu pengemudi

Cek spion, kaca depan bagian kanan, dan kaca jendela pengemudi harus bersih. Setelah itu cek tekanan udara dan kondisi ban kanan depan.

Baca juga: Banyak Orang Kaya yang Beli Mobil dengan Kredit, tapi...

Ilustrasi cek tekanan udara pada banamericatop10.com Ilustrasi cek tekanan udara pada ban

2. Bergerak ke bagian depan mobil

Cek kemiringan kendaraan untuk cek kualitas suspensi kendaraan. Lalu cek mika lampu depan harus dalam kondisi yang bersih. Cek ke kolong bagian mobil apakah ada kebocoran cairan.

"Kemudian cek kualitas dari karet wiper dan buka kap mesin untuk cek cairan yang ada di kendaraan seperti oli, air wiper, dan radiator. Setelah itu cek kelistrikan seperti kondisi kabel-kabel dan kepala accu/aki," kata Marcell kepada Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

3. Beregerak ke bagian kiri depan

Cek tekanan udara dan kondisi ban kiri depan. Pastikan kaca depan bagian kiri, kaca spion, dan kaca jendela penumpang depan harus bersih.

Baca juga: Mitos Atau Fakta, Mobil Diesel Harus Setia Pada Satu Jenis Solar

4. Bergerak ke bagian kiri belakang

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X