Ratusan Sepeda Motor Terekam Tilang Elektronik di Hari Pertama

Kompas.com - 03/02/2020, 07:02 WIB
Seorang pengendara sepeda motor ditilang polisi karena menerobos jalur transjakarta di Jalan Jatinegara Barat, Rabu (20/3/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DSeorang pengendara sepeda motor ditilang polisi karena menerobos jalur transjakarta di Jalan Jatinegara Barat, Rabu (20/3/2019).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya 167 pengendara sepeda motor tertangkap kamera di hari pertama penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE) pada Sabtu (1/2/2020).

Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, pelanggaran pada hari pertama didominasi oleh pemotor yang masuk di jalur Transjakarta.

"Dari 167 pelanggaran, jenis paling banyak pelanggaran yang ter-capture adalah melintasi jalur Transjakarta dengan jumlah 88 pelanggaran," kata Fahri saat dihubungi Kompas.com, Minggu (2/1/2020).

Baca juga: Penindakan Tilang Elektronik Motor Dimulai Besok

Sementara untuk pelanggaran motor yang paling banyak terjadi berada di jalur Transjakarta yang beradar di Halte Duren Tiga Koridor 6, Jakarta Selatan.

Totalnya ada 57 pelanggaran yang terdiri dari 55 pengendara melintasi jalur Transjakarta, dan dua pengendara tak menggenakan helm.

Kendaraan bermotor melewati garis batas berhenti/marka lalu lintas di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan bermotor melewati garis batas berhenti/marka lalu lintas di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.

Meski demikian, Fahri mengatakan, para pengguna motor yang terbukti melanggar, belum akan diberikan tindakan. Hal ini lantaran implementasi penuhnya baru akan diterapkan pada Senin, 3 Februari 2020.

"Jadi tanggal 1 dan 2 itu masih masuk dalam masa sosialisasi, artinya meski sudah ada pelanggaran dan kita capture, tapi belum ada tindakan. Penerapan tilang atau sanksi baru akan dimulai Senin (3/1/2020)," ucap Fahri.

Baca juga: Motor Tidak Berhenti di Belakang Garis Putih Kena Tilang Elektronik

CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.MAULANA MAHARDHIKA CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.

Seperti diketahui, tahap pertama penerapan tilang elektronik untuk motor baru akan dilakukan di dua titik, yakni :

1. Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sampai MH Thamrin.

2. Jalur Transjakarta Koridor 6, Ragunan-Monas, tepatnya berada di depan Kantor Imigrasi, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Adapun palanggaran yang menjadi incaran terdiri dari empat jenis, yakni tak menggunakan helm, melanggar marka jalan, melanggar rambu lalu lintas, dan memasuki jalur Transjakarta.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X