Acuan Modifikasi Suzuki XL7, Siap Terjang Banjir

Kompas.com - 26/02/2020, 07:42 WIB
Modifikasi Suzuki XL7 http://nmaa.co.id/Modifikasi Suzuki XL7
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski baru seumur jagung, namun euforia kehadiran SUV murah Suzuki XL7 memang cukup tinggi. Mobil yang hadir dengan platform Ertiga ini pun mendapat sambutan cukup baik.

Tak hanya ditunjukkan dari klaim PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menyatakan telah terpesan ratusan unit, tapi juga antusias para penggiat modifikasi virtual yang telah banyak melahirkan konsep-konsep rombakan XL7.

Melihat dari laman National Modificator and Aftermarket Association ( NMAA), sebenarnya ada banyak inspirasi modifikasi XL7 yang bisa diambil. Namun untuk menyesuaikan genre sebagai SUV, maka yang pilih lebih mengacu pada ubahan bergaya petualang dan reli.

Baca juga: Daftar Jalan Tol yang Tergenang Air, Waspada Efek Aquaplaning

Modifikasi pertama hadir dengan menampilkan Suzuki XL7 yang lebih tangguh dengan gaya rally look. Bila melihat sekilas dari konsep digitalnya, sebenarnya cukup banyak yang sudah dirombak walau dari segi visual tak sampai merubah tampilan aslinya.

Mulai dari penambahan dua lampu sorot di bagian bumper depan dengan desain bulat sampai skid plat dan side skirt. Guna mengentalkan status konsepnya sebagai mobil dua alam, sektor kaki-kaki pun ikut dirombak dengan menaikkan dimensi setidaknya lebih besar 2 inci.

Tak sampai itu, ban tebal dengan profil mud terrain (MT) juga ikut dipasang, hasilnya XL7 ini pun siap untuk diajak berpetualang, bahkan percaya diri menerjang banjir yang melanda Jakarta belakangan ini.

Modifikasi Suzuki XL7https://www.picuki.com/tag/nmaadigimodstar Modifikasi Suzuki XL7

Rombakan berikutnya bergaya Alto yang sama-sama kental dengan nuansa off-road namun tetap asik melintas di aspal harian. Ubahannya terlihat cukup sederhana, lantaran sektor bodi tak ada yang diutak-atik.

Kesan Alto ditampilkan dari penempatan empat buah lampu sorot keluaran Hella yang menempel dibagian gril dan bumper. Sementara kaki-kaki dirombak dengan pelek model dish dan gravel khas mobil reli lengkap dengan mud flap besar.

Baca juga: Modifikasi Suzuki XL7 Bergaya Sporty, Kental Jiwa Muda

Hasilnya, secara tampilan XL7 jauh lebih sporty dengan kaki-kaki yang lebih berisi dan enak untuk dipandang. Konsep modifikasinya juga masih nyaman untuk digunakan harian.

Sementara uban ketiga mengusung konsep petualang yang melengkapi XL7 dengan roof rack bersama lampu sorot di bagian atap, beberapa sentuhan aksen pemanis di bagian depan, dan kaki-kaki yang didongkrak dengan pelek dan ban yang sesuai tema.

Menariknya, agar kesan petualangnya makin kental, sang modifikator juga sudah menaikkan saluran hisap udara dengan memasang snorkel di bagian kanan. Dengan demikian, SUV murah ini pun tak perlu khawatir ketika melewati genangan banjir.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X