Rasanya Kencan Harian Bersama Honda Genio

Kompas.com - 25/02/2020, 18:41 WIB
Honda Genio KOMPAS.com/GilangHonda Genio
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyasar anak muda yang peduli terhadap penampilan, Honda Genio tampil dengan gaya retro namun sporty. Dilengkapi mesin generasi baru eSP 110cc, skutik ini mengisi segmen antara BeAT dan Scoopy.

Kompas.com mencoba lebih intim dengan Genio. Kami berkesempatan kencan beberapa hari untuk menemani beraktifitas di seputaran Jakarta. Melewati terik, hujan dan genangan air, hingga macet dan kondisi jalan kosong di waktu malam.

Saat pertama mencoba terlintas bahwa bobot Genio cukup ringan. Ternyata saat melihat spek wajar saja, Genio yang dicoba adalah tipe CBS-ISS dan memiliki curb weights 90 kg, atau hanya beda 1 kg dari BeAT baru dengan bobot 89 kg.

Baca juga: Mengulik Fitur Honda Genio

Honda Genio KOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Dengan bobot itu tentu bukan hal sulit mengendalikan motor. Buat yang pernah mencoba BeAT, yang notabene skutik paling laris di Indonesia maka dipastikan tidak butuh adaptasi berlebih. Buka gas dan motor langsung jalan.

Adapun soal dimensi Genio juga hampir sama dengan BeAT 2020. Meski tidak kentara. Rinciannya yaitu memiliki panjang 1.869 mm, lebar 692 mm dan tinggi 1.061 mm. Sedangkan BeAT 2020 memiliki panjang 1.877 mm, lebar 742 mm, dan tinggi 1.030 mm.

Tinggi jok Genio 740 mm membuat pengendara dengan tinggi 165 cm dipstikan tidak bakal kesulitan menjejakkan kedua kaki di tanah. Tinggi jok ini sama persis seperti BeAT. Sehingga seperti dikatakan, tidak berbeda jauh.

Honda GenioKOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Ergonomi bagian dek dan setang juga cukup nyaman. Untuk posisi duduk pun cukup nyaman. Hanya saja catatan Kompas.com, jok Genio sedikit berundak di tengah.

Baca juga: Mengupas Desain Retro Sporty Honda Genio

Hal itu membuat posisi bokong tidak bisa terlalu ke belakang karena seperti terganjal. Bagian depan jok yang meruncing juga membawa dua dampak. Di satu sisi membuat gerak paha lebih leluasa tapi juga bakal cepat lelah jika perjalanan sedikit jauh.

Adapun paduan bobot ringan dan posisi yang cukup familar membuat Kompas.com asyik saja membawa skutik yang dibanderol Rp 17.980.000 (CBS-ISS) dan Rp 17.509.000 (CBS) on the road (OTR) Jakarta ini diajak beraktifitas.

Mengenai rasa berkendara, Genio serupa BeAT yang lincah. Motor cukup nyaman mengikuti gerak tubuh yang dibawa meliuk-liuk. Kaki-kakinya mengusung pelek 14 inci. Pengendara pemula sepertinya tak akan kesulitan.

mesin honda geniohttps://tmcblog.com/wp-content/uploads/2019/06/Honda-Genio-025.jpg mesin honda genio

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X