Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Suzuki XL7 Bergaya Sporty, Kental Jiwa Muda

Kompas.com - 23/02/2020, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah modifikasi tersohor dunia, West Coast Custom, ikut meramaikan kreasi digital modifikasi atau digimod untuk SUV murah Suzuki XL7 di Indonesia.

Langsung dikerjakan oleh Head of Designer-nya, Musa Tjahjono, mobil yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) itu terlihat beda dan segar khas jiwa anak muda.

Namun, berdasarkan foto yang dikirimkan ke Kompas.com, jiwa SUV pada XL7 buatan Musa nampak hampir tak terlihat.

Berbagai sektor telah diubah dengan cukup ekstrem mengikuti temanya, street racing.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi SUV Murah Suzuki XL7, dari Reli Sampai Full Listrik

Desain XL7 Street RacingIstimewa Desain XL7 Street Racing

Sebagaimana diketahui, gaya modifikasi ini memang identik dengan profil mobil yang ceper atau memiliki ground clearance rendah disertai pemasangan bodi kit 'nyeleneh'.

Tapi, permainan warnanya sederhana seperti hanya menggabungkan dua kelir jadi satu saja.

Demikian dengan hasil buah tangan dari Musa. Mobil nampak hanya menggunakan dua warna dominan saja yakni oranye dan hitam. Tetapi, bodi kit yang dikenakan pada XL7 'tidak biasa'.

Bagian bemper depan XL7 terlihat menjorok ke luar membentuk suatu prisai yang seakan-akan siap menghalau angin kencang ketika mobil melaju di kecepatan tinggi.

Kesan itu dipertegas kembali dengan ditambahkannya spoiler belakang berukuran cukup besar dan permainan warna hitam di sekitaran tubuh mobil.

Baca juga: Modifikasi Interior Bukan Sekadar Gaya, Harus Proper

Musa Tjahjono West Coast CustomIstimewa Musa Tjahjono West Coast Custom

Guna menambah nuansa sporty, Musa juga menambahkan over fender yang cukup kontras disesuaikan dengan ukuran pelek dan ban baru. Kemudian, bagian ini disempurnakan dengan adanya side skirt hitam yang hampir menyentuh tanah.

Sayangnya, pada gambar itu tidak ditampakkan bagian belakang dari mobil. Namun sepertinya bemper dan muffler akan menjadi perhatian menarik.

“Beberapa hari ini saya melihat banyak sekali desaigner muda dari NMAA Digimodstar di jagat maya. Melihat potensi mobil ini, saya coba iseng, dan ternyata Suzuki XL7 berhasil diubah dengan gaya yang berbeda," katanya di keterangan tertulis, Sabtu (22/2/2020).

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

"XL7 ini mengingatkan saya kepada ruh Suzuki Sport yang dulu terkenal dikendarai oleh Tajima San. Saya terinspirasi dari Suzuki Escudo Pike's Pike," ujar Musa.

Untuk diketahui, Musa merupakan desaigner terbaik asal Surabaya, Jawa Timur, jebolan Art Center of Pasadena. Ia sering kali terlibat untuk memberikan edukasi serta berbagai tren modifikasi melalui asosiasi aftermarket dan modifikasi Indonesia atau NMAA.

"Saya punya keyakinan bahwa modifikasi Indonesia dengan segala potensinya, bisa menjadi yang terdepan di Asia. Terus berkarya untuk para modifikator Tanah Air," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com