Kisaran Harga Kaca Belakang Mobil Plus Anti-Embun

Kompas.com - 18/02/2020, 16:01 WIB
Defogger kaca belakang punya peran penting saat musim hujan GridOto.comDefogger kaca belakang punya peran penting saat musim hujan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Kaca belakang pada mobil berbeda dengan bagian lain, seperti kaca depan maupun samping. Pada kaca belakang ini biasanya menempel filamen defogger atau elemen anti-embun.

Defogger ini sangat diperlukan ketika kaca bagian dalam mobil mengalami embun. Fungsinya adalah memanaskan kaca sehingga bisa mengubah embun menjadi uap.

Embun pada kaca belakang yang tidak dibersihkan bisa mengurangi visibilitas pengemudi terutama dari arah belakang.

Tetapi bagaimana jika defogger tersebut mengalami kerusakan dan tidak bisa diperbaiki.

Mau tidak mau pemilik mobil harus melakukan penggantian satu set dengan kaca belakang. Hal itu harus dilakukan jika ingin defogger tetap ada pada mobil.

Baca juga: Fungsi Defogger di Mobil, Menghilangkan Embun pada Bagian Kaca

Tetapi, untuk penggantian ini tentunya biaya yang dikeluarkan juga tidak murah. Harganya berkisar mulai Rp 1 juta sampai dengan belasan juga.

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.

Harga ini juga menyesuaikan dengan jenis mobilnya. Semakin mahal harga mobilnya, tentunya harga kacanya juga akan semakin mahal.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, defogger tidak dijual secara terpisah. Sehingga, jika ingin mengganti defogger juga harus mengganti kaca belakangnya.

“Partnya defogger tidak tersedia, jadi kalau defogger rusak dan mau diganti harus satu set dengan kaca belakangnya,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Defogger Tak Butuh Perawatan, Tapi Jika Rusak Sulit Diperbaiki

Untuk harga kaca satu set, Suparna mengatakan banderolnya berbeda-beda. Misalkan untuk Toyota Fortuner harga kaca belakang termasuk dengan defoggernya berkisar Rp 1,25 juta. Toyota Avanza Veloz berkisar Rp 960.000.

“Untuk Toyota Rush harganya berkisar Rp 1,1 juta, untuk Toyota Nav-1 harganya berkisar Rp 5,8 juta,” ujarnya.

Sedangkan, masih kata Suparna, untuk harga kaca belakang termasuk defogger Toyota Camry harganya bisa mencapai Rp 11 juta.

Defogger kaca belakang biasanya sudah jadi fitur standar di mobilyourmechanic.com Defogger kaca belakang biasanya sudah jadi fitur standar di mobil

Suparna mengatakan, kerusakan pada defogger ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti terjadinya kecelakaan sehingga membuat kaca belakang rusak.

“Kala kaca belakang sudah pecah karena kecelakaan otomatis defoggernya juga rusak. Lalu karena terjadinya korosi akibat cairan pembersih kaca, bisa juga terlalu lama menghidupkannya,” ucap Suparna.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X