Daftar Merek yang Pernah Umumkan Recall Kendaraan di Indonesia

Kompas.com - 18/02/2020, 15:42 WIB
Camry recall ganti mesin. AUTOEVOLUTIONCamry recall ganti mesin.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Recall alias penarikan kembali untuk perbaikan bukan hal tabu di industri otomotif. Tak sedikit produsen mobil atau sepeda motor menarik produk yang ada di pasar karena catat produksi.

Dalam pelaksanaannya recall ada yang terbuka dan tertutup. Terbuka artinya mengumumkan secara terus terang kepada masyarakat perihal adanya perbaikan, dan tertutup, yakni dengan memanggil secara personal.

Baca juga: 4 Komponen Bermasalah, Suzuki Recall Address Fi

Salah satu produsen yang mengumumkan recall secara terbuka ialah Toyota Astra Motor (TAM). Toyota mengumumkan penarikan untuk Rush 60.000 yang diproduksi antara akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, memperkenalkan pembaruan pada Outlander Sport yang diberi nama Outlander Sport Action. Varian ini  diberikan beberapa aksesori untuk menyegarkan tampilannya.Otomania/Setyo Adi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, memperkenalkan pembaruan pada Outlander Sport yang diberi nama Outlander Sport Action. Varian ini diberikan beberapa aksesori untuk menyegarkan tampilannya.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, pihaknya memilih melakukan kampanye penarikan dengan pengumuman luas agar masyarakat lebih mudah menyadari.

"Recall adalah kewajiban produsen kepada konsumen untuk memperbaiki produk yang sudah dijual. Kita info ke pemerintah sebelum melakukan recall terbuka, karena terbuka baik buat konsumen," kata Anton kepada Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Mitsubishi juga merupakan salah satu pabrikan yang mengumumkan luas penarikan puntuk perbaikan. Merek asal Jepang ini melakukan recall untuk Pajero, Delica higga Lancer karena masalah pada inlator airbag. 

Diler menyediakan paket aksesori untuk Honda Mobilio dengan harga khusus di JFK 2015.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Diler menyediakan paket aksesori untuk Honda Mobilio dengan harga khusus di JFK 2015.

PT Honda Prospect Motor (HPM), Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda mengumumkan recall atau disebutnya kampanye product update (PUD) terkait terkait komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman kendaraan.

Ada lima model dengan jumlah total 463.891 unit di Indonesia yang teridentifikasi dalam program ini, yaitu Honda Mobilio tahun produksi 2014-2017, (2014–2017), Honda Jazz (2014–2017), Honda HR-V (2014–2017), Honda Brio (2014–2017) dan Honda BR-V (2015–2017).

Akhir Oktober 2019 lalu, Service & Parts Asst. General Manager PT HPM, Denny MT mengimbau agar konsumen yang mobilnya teridentifikasi dan belum melakukan kegiatan pergantian untuk segera menghampiri diler terdekat.

"Kami sudah memberikan pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang terindentifikasi ke alamat atau nomor telepon terakhir yang terdaftar. Kami meminta, konsumen yang berkaitan segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk dilakukan pemeriksaan dan pergantian komponen," katanya.

Suzuki tambahkan pilihan warna untuk Address dan SmashStanly/KompasOtomotif Suzuki tambahkan pilihan warna untuk Address dan Smash

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X