Benarkah Headrest Jok Mobil Bisa Jadi Alat Pemecah Kaca?

Kompas.com - 17/02/2020, 15:41 WIB
Headrest terpisah New Mobilio Otomania/Setyo AdiHeadrest terpisah New Mobilio

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit masyarakat yang belum paham bahwa headrest (head restraint) memiliki fungsi yang cukup penting untuk keselamatan berkendara.

Tidak hanya sebagai sadaran kepala saja, headrest bisa mencegah terjadinya cedera leher akibat kecelakaan.

Headrest memang diciptakan menahan kepala dari benturan. Tetapi perlu diingat perlengkapan keselamatan inti lain di dalam mobil seperti sabuk pengaman, air bag itu hanya bersifat mengurangi risiko cedera,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (17/02/2020)

Baca juga: Knalpot Mobil Keluar Air, Bahaya atau Justru Normal?

Hal yang sama juga diungkap oleh Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), headrest bisa menahan beban leher.

“Kalau ada benturan, headrest bisa menahan beban leher sehingga menghindari cedera yang serius,” ujar Anjar.

Alat pemecah kaca

Tak hanya sebagai penahan kepala, banyak yang mengatakan headrest memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai alat bantu darurat, ketika pengemudi terjebak dalam mobil saat terjadi kecelakaan.

Besi penyangga yang terdapat pada headrest mobil diduga bisa digunakan untuk memecah kaca.

Caranya dengan menekan tombol kecil yang ada di sekitar pangkal headreset untuk mencabutnya.

Kemudian selipkan gagang tersebut di antara kaca trim dan pintu. Ketika gagang sudah menancap dengan tepat maka kaca mobil akan pecah.

Sudah memiliki headrest di bangku penumpang belakang.Ghulam/KompasOtomotif Sudah memiliki headrest di bangku penumpang belakang.

Baca juga: Seberapa Irit Yamaha XSR155? Ini Hitungannya

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X