Sigra Pimpin Pasar Daihatsu, Pamor Xenia Mulai Redup

Kompas.com - 17/02/2020, 12:41 WIB
Terios 7 Wonders Kolaka Terios 7 Wonders Kolaka
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim meraih penjualan positif di awal 2020. Sepanjang Januari, angka penjualan retailnya mencapai 14.582 unit.

Jumlah tersebut mengantarakan Daihatsu meraih pangsa pasar sebesar 18 persen dari volume retail sales nasional yang mencapai 81.013 unit. Sementara untuk catatan wholesales sebesar 14.173 unit dengan pangsa pasar 17,7 persen.

Dari segi kontribusi, Sigra masih menjadi tulang punggung utama Daihatsu dengan penjualan retail mencapai 4.307 unit, atau berkontribusi sebesar 29,5 persen.

Baca juga: Livina dan Xenia Juga Menaikkan Harga Jelang Hari Kasih Sayang

Mobil murah ramah lingkungan alias LCGC tersebut berhasil mempertahankan tahta kepemimpinan sejak tahun lalu. Bahkan Xenia pun tercatat tak pernah lagi menempati posisi teratas.

Daihatsu Sigra lakukan test drive di Bandung, Jawa BaratAstra Daihatsu Motor (ADM) Daihatsu Sigra lakukan test drive di Bandung, Jawa Barat

Sementara posisi kedua, ditempati Gran Max pikap dengan kontribusi 20 persen atau terjual sebanyak 2.920 unit. Menariknya, penjualan Xenia tak hanya disalip oleh Sigra saja, tapi juga kalah dengan SUV murahnya, yakni Terios.

Tercatat Daihatsu menjual Terios sebanyak 2.261 unit atau 15,5 persen. Sementara Xenia duduk diperingkat keempat dengan hasil 1.883 unit atau hanya berkontribusi sebanyak 12,9 persen.

Baca juga: Daihatsu Siapkan Kejutan Mobil 1.0 L Turbo, Apa Kabar Ayla Turbo?

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Setelah itu, Ayla menempati posisi kelima dengan kontribusi 10,7 persen atau 1.566 unit dan diikuti Gran Max minibus sebanyak 1.251 unit. Sisanya ditempati oleh Luxio dan Sirion yang masing mencapai 394 unit atau 2,7 persen.

"Daihatsu mengawali 2020 dengan capaian penjualan yang cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus Corona. Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif yang menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual bagi," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan resminya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X