[POPULER OTOMOTIF] Truk ODOL Akan Dipotong | Jualan Mobil Listrik Tesla di Indonesia

Kompas.com - 15/02/2020, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan semakin serius menindak truk yang berlebihan muatan overdimension dan overload (ODOL). Jika ditemukan, maka kendaraan itu akan dipotong karena membahayakan.

Selain itu, akibat bebas BBNKB penjualan mobil listrik Tesla di DKI Jakarta diklaim semakin laris.

Seperti apa selengkapnya, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Jumat 14 Februari 2020:

1. Jurus Kemenhub Berantas ODOL, Truk Akan Dipotong

Kemenub mulai lakukan normalisasi truk yang kelebihan dimensi dengan cara dipotongKOMPAS.com/Ruly Kemenub mulai lakukan normalisasi truk yang kelebihan dimensi dengan cara dipotong

Maraknya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan overdimension dan overload (ODOL) membuat Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) serius untuk menjalankan program pemberantasan atau Zero ODOL pada 2020 yang dimulai dari jalan tol.

Namun, program tersebut sedikit terganjal karena adanya permintaan dari Menteri Perindustrian (Menperin) Agung Gumiwang untuk menunda hingga 2022 atau 2025.

Singkat cerita, akhirnya terjadi kesepakatan untuk menunda hingga 2022 dengan pengecualian bagi lima industri pengangkut komoditas.

Baca juga: Jurus Kemenhub Berantas ODOL, Truk Akan Dipotong

2. Akibat Truk ODOL, Negara Rugi hingga Rp 43 Triliun

Razia ODOL di Jagorawi Razia ODOL di Jagorawi

Tarik ulur penerapan kebijakan Zero ODOL (Over Dimension Over Load) antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), akhirnya telah mencapai titik temu.

Kedua belah pihak bersepakat aturan diberlakukan secara penuh pada 2022. Jadi, nanti tidak ada lagi truk yang kelebihan muatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.