Kebiasaan Buruk Gunakan Overdrive pada Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 11/02/2020, 15:12 WIB
Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti dijelaskan sebelumnya, fitur overdrive pada sebagian mobil bertransmisi otomatis memiliki peran yang cukup penting.

Fungsinya adalah, untuk menahan atau membatasi sistem perecepatan perpindahan gigi, terutama ketika akan menyalip kendaraan atau saat sedang menggunakan gigi rendah dalam kondisi tanjakan curam.

Dengan menggunakan overdrive, maka transmisi akan dibuat tertahan. Artinya tak bisa naik dengan sendirinya ke gigi yang lebih tinggi.

Baca juga: Salah Kaprah Fungsi Tombol Overdrive di Mobil Transmisi Matik

Meski sebagaian pengendara sudah mengerti penggunaannya, tapi ada kebiasaan buruk yang kerap terjadi, yakni lupa menekan atau kembali tombol tersebut untuk menormalkan lagi sistem kerja transmisi.

Tombol Overdrive di mobil matik konvensional Tombol Overdrive di mobil matik konvensional

"Kalau sudah tak dibutuhkan jangan dibiarkan, langsung kembali tekan tombolnya supaya bisa ke posisi awal dengan begitu kerja putaran transmisi bisa normal sampai ke gigi atas," ucap Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, kepada Kompas.com, Selasa (11/2/2020).

Hermas menjelaskan bila pengendara sampai lupa mengaktifkan kembali overdrive, maka perputaran gigi biasanya akan mentok sampai posisi tiga. Otomatis kondisi tersebut akan membuat laju mobil tertahan.

Baca juga: Apa Bedanya Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus?

Bila pengendara sampai tidak sadar, saat pedal gas diinjak putaran mesin akan tertahan bahkan sampai menggerung karena tak bisa pindah ke posisi gigi di atasnya.

"Efeknya tenaganya itu seperti mentok, semakin pedal gas diinjak tidak lari tapi suara mesin pasti akan kencang terdengar," ucap Hermas.

Sensasi berkendara bersama Xpander terasa mirip sedan.Manut Sensasi berkendara bersama Xpander terasa mirip sedan.

Hal senada juga diutarakan oleh Kepala Servis Nasional Roda Dua dan Empat Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha.

Menurut dia, pada umumnya pengendara lupa mengaktifkan kembali overdrive setelah menghadapi situasi darurat, seperti saat butuh deselerasi, atua ketika menyalip, lalu lupa untuk ditekan kembali tombolnya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X