Awas Penipuan, Kunci Mobil Ini Tidak Bisa Ditambah Fitur Immobilizer

Kompas.com - 29/01/2020, 12:22 WIB
Contoh kunci immobilizer Otomania/Setyo AdiContoh kunci immobilizer

JAKARTA, Kompas.com - Immobilizer adalah teknologi yang memiliki keamanan tingkat tinggi untuk kendaraan.

Fitur ini tidak hanya terdapat pada mobil baru, namun beberapa mobil keluaran lama juga sudah memiliki fitur ini walau kunci yang digunakan masih manual atau bukan smart key.

Seiring berjalannya waktu, banyak bengkel mobil yang menawarkan untuk menanam fitur ini kepada mobil lama yang belum memiliki teknologi immobilizer. Apakah hal itu sebenarnya bisa dilakukan?

Menurut Raymond Lie selaku pemilik Komandan Key, hal tersebut tidak bisa dilakukan karena immobilizer memiliki tingkat keamanan di ECU engine.

Baca juga: Kenali Perbedaan Smart Entry Key, Start Button, dan Immobilizer

diagram immobilizerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda diagram immobilizer

“Immobilizer itu sifatnya tertanam, adanya di dalam ECU engine sehingga tidak bisa dicopot atau pasang. Sedangkan kalau ada yang bilang immobilizer bisa dipasang di kunci mobil biasa, sudah pasti itu bukan immobilizer,” ujar Raymond kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (28/01/2020)

Baca juga: Chevrolet dan Datsun Tutup, Mazda Pastikan Bertahan di Indonesia

Menurut Raymond mobil yang belum ada fitur immobilizer tidak bisa menggunakan immobilizer kecuali dengan mengganti ECU.

“Sejauh ini belum ada alat untuk mengganti ECU, karena ECU harganya sangat mahal. Seperti contoh mobil Innova dan Fortuner, Innova tipe lama belum ada immobilizernya sedangkan Fortuner sudah pakai, sebenarnya bisa dibikin tetapi harus dibuat transponder key issue nya juga,” ujar Raymond.

Raymond menegaskan immobilizer yang asli berupa software yang terdapat didalam engine ECU dan tidak bisa sembarang pasang, jadi ketika ada yang mengatakan immobilizer bisa dipasang dan dilepas itu hanya aksesoris tambahan yang seolah dibuat seperti immobilizer.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X