Rem Otomatis Bermasalah, Mazda3 di Indonesia Kena Recall

Kompas.com - 28/01/2020, 19:22 WIB
Mazda mengumumkan harga Mazda3 Kompas.comMazda mengumumkan harga Mazda3
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini tercium kabar bahwa Mazda3 harus ditarik kembali atau recall karena adanya masalah pada sistem pengereman otomatis. Mobil di segmen hatchback medium ini disebut bisa berhenti secara tiba-tiba.

Dilansir dari Car Advice, sebanyak 13.768 unit Mazda3 di Australia harus mengalami recall dan mendapat penanganan di bengkel resmi.

Sistem autonomous emergency braking milik Mazda3 kabarnya salah mendeteksi objek di depan kendaraan, dan memaksa mobil untuk melakukan rem yang tidak perlu.

Baca juga: Aki Mobil Matik Soak, Hanya Ini Solusinya

Media test drive All New Mazda3EMI Media test drive All New Mazda3

Pihak Mazda kabarnya akan menghubungi pelanggan yang terkena dampak, dan menyarankan mereka segera ke diler untuk melakukan perbaikan secara gratis.

Menanggapi hal ini, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio, mengatakan jika dampak recall juga terjadi di Indonesia. Hal ini lantaran Mazda3 saat ini diproduksi di fasilitas pabrik yang sama, yakni di Hiroshima, Jepang.

“Kita ada recall. Namanya recall sih biasa ya, dari semua merek, semua model pasti ada recall. Jadi itu tanggung jawab kita,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta (28/1/2020).

Baca juga: Bolehkah Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa pada Ban?

Tes drive Mazda3 sedan dan hatchbackEMI Tes drive Mazda3 sedan dan hatchback

Ricky juga mengatakan, secara umum penyebab recall Mazda3 sama. Meski begitu, untuk detil lebih lanjut harus langsung dikomunikasikan dengan diler.

“Justru recall ini kita pandang dari sisi positif. Saat ini kita enggak kabur lah bahasanya. Kita malah secara proaktif komunikasikan ke konsumen. Penyebab recall sama, detailnya bisa dicek,” ucap Ricky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.