Obat Anti-silau yang Ada di Kabin Mobil

Kompas.com - 24/01/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi pengemudi yang terpapar lampu jauh. express.co.ukIlustrasi pengemudi yang terpapar lampu jauh.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di pagi atau sore hari, dimana posisi matahari belum di atas kepala, dan sinarnya bisa menyilaukan mata. Situasi ini bisa cukup mengganggu visibilitas saat mengemudi.

Pada kendaraan roda empat atau lebih, ada komponen yang bisa menahan sinar matahari, yaitu sun visor. Posisinya terletak di bagian depan ujung plafon mobil.

“Ketika kita berkendara di siang hari dan menghadap ke arah matahari terkadang silau kan, bisa mengganggu jarak pandang kita ke depan. Dengan sun visor itu bisa membantu Baca juga: Bikin Camper Van dari Basis Gran Max efek silau matahari," jelas Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Isi BBM Jangan Tunggu Indikator Berada di E

Anjar melanjutkan, dengan sun visor cahaya matahari tidak mengenai mata tetapi berada di bawah muka. "Sehingga mata bisa fokus terhadap jalanan,” lanjut Anjar.

Lebih lanjut, biasanya pada mobil modern sun visor memiliki kegunaan lain, yakni ada tambahan kaca dan lampu kecil. Namun, tambahan kaca dan lampu tersebut hanya ada di kursi penumpang depan. 

“Kalau di pengemudi memang tidak diizinkan adanya sun visor dengan tambahan lampu dan kaca. Karena ketika berkendara pada prinsipnya tidak boleh fokus ke yang lain, hanya boleh fokus ke jalan,” ujar Anjar.

 

Fungsi dari lampu kecil dan kaca di sun visor, biasanya untuk membantu penumpang ketika ingin mencari barang. Bisa juga untuk membantu penumpang untuk sekadar berdandan ketika sedang berpergian.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X