BMW Kebut-kebutan dan Kecelakaan, Ingat Ada Batas Kecepatan di Jalan Tol

Kompas.com - 19/01/2020, 12:41 WIB
Ilustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan. Sebastian Bozon / AFPIlustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski memiliki sebutan sebagai jalan bebas hambatan, namun berkendara di jalan tol bukan berarti tak ada aturannya.

Pengendara mobil wajib mematuhi segala rambu yang berlaku termasuk soal batas kecepatan berkendara.

Kasus kecelakaan BMW di Slipi pada Sabtu (18/1/2020) lalu, bisa menjadi salah satu contoh buruk dan jangan ditiru pengendara lain.

Akibat kehilangan kendali karena jalan yang licin, juga tertangkap video pengguna jalan lain yang melihatkan rombongan kebut-kebutan, membuat salah satunya selip dan menghantam dinding pembatas tol.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya mobil yang terlihat ringsek pada bagian depan akibat benturan tersebut.

Baca juga: Mengapa Kendaraan Berat Rawan Rem Blong, Ini Penjelasannya


Nah, bila melihat dari kejadian tersebut, artinya memang masih banyak masyarakat yang belum paham atau bahkan mengacuhkan mengenai batas kecepatan berkendara. Padahal, bila terbukti melanggar ada sanksi hukumnya.

Soal regulasi kecepatan melajukan mobil, sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 mengenai Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 23 ayat 4.

Polisi menggunakan alat speed gun untuk mengukur kecepatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dalam penutupan Operasi Zebra Lodaya 2017, Selasa (14/11/2017).KOMPAS.com/Farida Farhan Polisi menggunakan alat speed gun untuk mengukur kecepatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dalam penutupan Operasi Zebra Lodaya 2017, Selasa (14/11/2017).

Disebutkan bila batas kecepatan di tol mulai dari 60-100 kpj, namun bisa berubah sesuai rambu lalu lintas yang terpasang di pinggir jalan.

Baca juga: Beredar Video Kebut-kebutan BMW yang Kecelakaan di Slipi

Aturan tersebut diperkuat dengan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4:

a. Paling rendah 60 (enam puluh) kilometer per jam dalam kondisi arus bebas dan paling tinggi 100 (seratus) kilometer per jam untuk jalan bebas hambatan;

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X