Ini Dampak Buruk Interior Mobil yang Tidak Diparkir di Garasi

Kompas.com - 13/01/2020, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas memiliki dampak buruk bagi mobil. Selain bisa membuat warna eksterior menjadi cepat pudar, terlalu sering parkir di luar garasi ternyata dapat merusak bagian interior.

Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi, menyatakan salah satu bagian yang paling rentan rusak karena parkir sembarangan dan lama terpapar panas adalah dasbor. Sebab, posisi kaca yang sangat landai membuatnya sering terkena pancaran sinar matahari langsung.

"Khususnya pada bagian soft touch atau yang kulit sintesis. Itu biasanya akan pecah-pecah. Kejadian ini sering terjadi di mobil Eropa, karena kebanyakan desain mereka tidak untuk cuaca panas seperti di Jakarta," katanya kepada Kompas.com, Minggu (12/1/2020).

Baca juga: Kota Depok Berlakukan Denda Bagi Pemilik Mobil yang Tidak Punya Garasi

Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).

Kemudian, bagian jok juga bisa mengalami hal serupa. Jika sudah mengalaminya, maka perbaikan menjadi tidak murah.

Pernyataan itu dikatakan langsung oleh pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept, Edy yang berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

"Pergantian jok kulit asli untuk mobil dengan dua baris tempat duduk sekitar Rp 10 jutaan, untuk tiga baris tempat duduk sekitar Rp 13 jutaan. Itu pakai bahan asli yang diimpor. Tergantung pada mobilnya juga," katanya.

Sementara untuk alternatif, kulit sintesis lokal dipatok sekitar Rp 5 jutaan sampai Rp 7 jutaan.

"Masalah lainnya jika sering parkir di luar garasi, karet wiper mobil bermasalah, kinerja AC jadi berat, eksterior pudar, dan lain-lain," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.