Kota Depok Berlakukan Denda Bagi Pemilik Mobil yang Tidak Punya Garasi

Kompas.com - 11/01/2020, 17:32 WIB
Mobil parkir di trotoar Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017) Arimbi RamadhianiMobil parkir di trotoar Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017)
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Bagi warga Kota Depok yang ingin membeli mobil sebaiknya menyiapkan tempat atau garasinya terlebih dahulu. Pasalnya, jika diparkir di jalan maka pemilik bisa terancam kena denda Rp 2 juta.

Penerapan denda ini menyusul disahkannya Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan. Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menjelaskan, Perda yang masuk dalam revisi Perda Nomor 2 Tahun 2012 itu mengatur tentang Kepemilikan Garasi Bagi Pemilik Mobil di Kota Depok.

"Banyaknya masyarakat yang mengeluhkan kondisi mobil parkir hingga memakan badan jalan, Pemerintah Kota Depok akhirnya merevisi Perda tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan," kata Pradi saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Terjadi Lagi, Mobil Parkir di Atas Rel Kereta Api Solo

Pradi menambahkan, Perda baru ini adalah upaya untuk menekan banyaknya warga yang memarkirkan kendaraan dengan sembarangan di Kota Depok. Mengingat, selama ini masih banyak pemilik kendaraan khususnya roda empat yang parkir sembarangan.

Trotoar di Jalan Kalimalang, Kota Bekasi, dijadikan tempat parkir kendaraan, Selasa (4/9/2018)KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI Trotoar di Jalan Kalimalang, Kota Bekasi, dijadikan tempat parkir kendaraan, Selasa (4/9/2018)

"Lebih pada ketertiban fasilitas umum dan sosial kan memang bukan untuk lahan parkir, harus ada garasi sendiri untuk memarkirkan kendaraannya," ujar Pradi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Raperda itu, lanjutnya sudah diusulkan sejak Juli 2019 setelah melalui berbagai pembahasan Perda telah disahkan untuk kemudian akan dibahas lebih lanjut terkait mekanisme pelaksanaannya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana menyampaikan, meskipun sudah disahkan tetapi Perda tidak bisa langsung diterapkan. Menurutnya, masih membutuhkan waktu lebih kurang 2 tahun untuk penerapannya.

Baca juga: Cara Dishub Solo Peringatkan Mobil yang Parkir di Atas Rel

"Tahapan menuju implementasi pasal ini direncanakan 2 tahun," kata Dadang.

Dadang mengatakan, untuk tahun pertama Pemkot akan menyusun regulasi berupa pedoman teknis dan mekanisme pengaturan. Kemudian untuk tahun berikutnya adalah melakukan sosialisasi, fasilitasi dan asistensi kepada masyarakat.

“Pasal yang mewajibkan pemilik mobil memiliki garasi ini bertujuan untuk menjaga keteraturan di tengah warga dan terjaganya ruang milik jalan sesuai peruntukannya. Jika sudah diterapkan dua tahun kemudian, maka barulah sanksi atau denda itu bisa diterapkan,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X