Ini Tujuan Singing Road Dipasang di Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 06/01/2020, 06:52 WIB
Ilustrasi rambu Singing Road atau Musical Road alias jalan bernada yang bisa mengeluarkan suara saat dilindas kendaraan. KRQE.comIlustrasi rambu Singing Road atau Musical Road alias jalan bernada yang bisa mengeluarkan suara saat dilindas kendaraan.

JAKARTA, KOMPAS.com Singing road atau jalan bernada di Tol Trans-Jawa mulai dipasang sejak Desember 2019. Inovasi dalam hal keselamatan ini merupakan kali pertama diterapkan jalan tol di Indonesia.

Singing road yang berupa marka jalan berbentuk rumble strip ini dipasang di lajur dua jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri, tepatnya di KM 644+200 B (arah Madiun-Solo).

GM Operasi dan Pemeliharaan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Agus Hariyanto mengatakan, fungsi dari singing road adalah untuk mengembalikan fokus pengemudi agar dapat berkonsentrasi kembali.

Baca juga: 7 Januari, Tarif Baru Tol Cijago Resmi Berlaku

Direktur Utama PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri, AJ Dwi Winarsa memberikan penjelasan pemasangan singing road di ruas tol Madiun-Surabaya KM 644 menjelang liburan Natal dan tahun baru. Pemasangan singing road untuk menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas.KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWI Direktur Utama PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri, AJ Dwi Winarsa memberikan penjelasan pemasangan singing road di ruas tol Madiun-Surabaya KM 644 menjelang liburan Natal dan tahun baru. Pemasangan singing road untuk menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas.

Seperti diketahui, ruas tol Trans-Jawa yang didominasi jalan lurus memang dapat membuat pengemudi lengah.

Biasanya karena kondisi yang membosankan, rasa mengantuk akan timbul saat melewati ruas jalan ini.

“Lokasi yang kami pilih tersebut merupakan hasil evaluasi, di mana lokasi itu adalah titik lelah pengemudi, sehingga pengemudi kurang fokus saat menyetir,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (5/1/2020).

“Nah, fungsi dari jalan bernada atau singing road ini digunakan untuk mengembalikan fokus pengemudi agar berkonsentrasi kembali,” kata Agus.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X