Tren Rekondisi Motor Bebek Kembali Merebak

Kompas.com - 19/12/2019, 12:02 WIB
Proses restorasi motor bebek lawas di Greenseta Motorestor. Instagram/GreensetaracingProses restorasi motor bebek lawas di Greenseta Motorestor.

BANDUNG, KOMPAS.comTren modifikasi sepeda motor yang cukup diminati sepanjang 2019, adalah rekondisi sepeda motor underbone alias bebek. Jenis motor yang mulai ditinggalkan karena kalah pamor dengan model skuter, membuat penggemarnya bernostalgia.

Motor bebek kembali diminati untuk dipakai harian, karena menciptakan kesan retro atau vintage. Pun, harga jual bekas bebek yang perlahan mulai naik, ikut mendorong pehobi otomotif melakukan rekondisi, terutama pada model favorit di zamannya.

Misalnya, Honda Astrea Series, salah satu yang menjadi favorit saat ini, mulai terlihat sering berkeliaran di jalan. Beberapa model lain pada rentang 1992-2007, seperti Honda Supra series, Suzuki Satria, dan Yamaha F1Z-R juga jadi idaman.

Rekondisi motor bebek ini tergolong tidak mudah, karena parts yang sudah mulai langka di pasaran. Namun, dengan segala tantangannya, upaya ini tetap dilakukan. 

Aditya Tri Bagus dari Ducks Garage, di Bandung, mengatakan, biaya jasa rekondisi total motor bebek retro sekitar Rp3 jutaan. Harga ini belum termasuk parts yang dijual terpisah.

"Biaya tersebut tidak termasuk spareparts dan biaya rekondisi juga tergantung dari kondisi motor yang akan dikerjakan," kata Aditya kepada Kompas.com (18/12/2019).

Baca juga: Harga Motor Bebek Tak Berubah, Paling Mahal Masih Honda Super Cub

Restorasi Bebek RetroKOMPAS.com/Gilang Restorasi Bebek Retro

Jasa-jasa rekondisi di Ducks Garage juga bisa dilakukan secara terpisah. Contohnya hanya re-paint seluruh bodi, sistem kelistrikan, dan tune up mesin dengan harga yang bervariasi.

"Untuk biaya total balik lagi ke motor yang akan dikerjakan, semakin mahal suku cadang yang digunakan, semakin mahal juga biaya yang dikeluarkan," ucap Aditya.

Nostalgia

Bagi para pengguna motor bebek retro, terdapat kepuasan sendiri ketika memiliki motor tersebut. Salah satu contohnya yaitu Farhan Zaidan, pemilik Honda Astrea Legenda 2, lansiran tahun 2003.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X