Kecepatan di Tol Layang Dibatasi, Pengemudi Harus Tetap Waspada

Kompas.com - 10/12/2019, 07:32 WIB
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRJalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek akan dibuka untuk umum mulai 20 Desember 2019 dibatasi kecepatan maksimalnya, yaitu hanya 60 kilometer per jam (kpj). Meski begitu, bukan berarti pengemudi yang melintas jadi mengurangi tingkat kewaspadaannya.

Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, hal tersebut dikarenakan situasi dan kondisi jalan tol layang berbeda dengan jalan tol biasa.

Baca juga: Persiapkan Ini Sebelum Lewat Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

"Kecepatan 60 kpj dengan jarak yang panjang akan membuat jenuh. Sehingga, harus lebih fokus. Bosan, fatigue, dan lain-lain akan menghinggapi pengemudi," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Sony menambahkan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memperhitungkan ruang untuk kendaraan lain dapat berhenti ketika kendaraannya bermasalah atau sopirnya beristirahat untuk berhenti.

"Faktor cuaca, angin, dan lain-lain dapat mengganggu keseimbangan kendaraan. Sehingga, pengemudi harus selalu fokus dan waspada," kata Sony.

Baca juga: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Jalani Uji Laik Fungsi

Hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi, menurut Sony, adalah pemandangan yang tidak biasa ketika berada di ketinggian. Sehingga, pengemudi jangan sampai terbuai dengan pemandangan tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu memantau pergerakan lalu lintas.

"Waspadai pengemudi yang mencoba jalan tol tersebut dengan kecepatan penuh, apalagi dengan teknik zigzag," ujar Sony.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X