Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diminati di Dalam dan Luar Negeri, Brio Jadi Tulang Punggung Honda

Kompas.com - 02/12/2019, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan hanya unggul di dalam negeri, dengan terus menjadi pemimpin pasar segmen Low Cost Green Car (LCGC). Brio ternyata juga cukup diminati di pasar mancanegara, khususnya di Filipina dan Vietnam.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy, mengatakan jika kontribusi penjualan Brio sudah mencapai 40 persen dari total penjualan perusahaan secara nasional.

Honda Brio kami bagus, bulan November kemarin secara retail bisa 6.000 unit lebih. Dari total, komposisinya 30 persen Brio Satya, 10 persen Brio RS,” ujarnya saat ditemui wartawan di BSD City, Tangerang, Banten (1/12/2019).

Baca juga: Honda City Terbaru Mesin 1.0 L Turbo, Siap Masuk Indonesia?

Uji Irit Honda Brio Satyadok.HPM Uji Irit Honda Brio Satya

Brio rupanya tidak hanya laris di pasar dalam negeri saja, permintaan untuk kawasan ASEAN juga terbilang tinggi. Bahkan jika ditotal angkanya melebihi jumlah penjualan di Indonesia.

Billy juga mengatakan, Brio bisa diterima konsumen luar negeri tak lain berkat kualitas produksi pabrik Honda di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yang sanggup memenuhi standar pasar global. Menurutnya bisa saja tahun depan ada tujuan negara ekspor baru bagi Brio.

“Ekspor mencapai 8.000 unit sebulan untuk Vietnam dan Filipina. Masih ada penjajakan untuk destinasi ekspor tahun depan. Kalau kami bisa menjaga produk semakin bagus, kualitasnya juga makin baik, nanti bisa dipertimbangkan untuk kirim ke negara lain,” katanya.

Untuk diketahui, PT HPM telah mengekspor Brio secara CBU ke Filipina dan Vietnam sejak Maret 2019. Sedangkan untuk ekspor CKD sendiri telah dimulai sejak 2013 untuk 11 produk yang dikirim ke 12 negara destinasi di benua Asia dan Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com