Mau Beli Honda NSR 150, Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 25/11/2019, 17:14 WIB
Honda NSR 150 Macantua.comHonda NSR 150

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor sport 2-tak lawas, seperti Honda NSR 150 series, bisa dibilang bukan hanya sebagai motor hobi. Motor ini juga bisa dikatakan sebagai motor koleksi. Sebab, populasinya memang tidak banyak.

Pamor NSR 150 diyakini mulai naik sekitar tahun 2010. Sebab, mulai banyak orang yang mencari motor yang beken di era '90-an awal ini.

Selain itu, banyak juga orang yang berlomba-lomba ingin memiliki motor lawas dengan kondisi full orisinil.

Baca juga: Nostalgia Honda NSR 150, Motor Sport 2-Tak Legendaris

Harga pasarannya juga cukup tinggi dibanding beberapa tahun lalu. Sekarang ini, NSR 150 series dibanderol mulai dari belasan juta rupiah hingga termahal bisa mencapai di atas Rp 70 jutaan. Tentunya tergantung dari tipe, tahun, serta kondisinya.

Tips merawat motor sport 2-tak jadulDok. Joey Tumanduk Tips merawat motor sport 2-tak jadul

Ervino Latief, pendiri NMC (NSR Motorcycle Club), mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan cukup krusial jika ingin membeli NSR 150 series, mulai dari kelistrikan hingga pengapiannya.

"Dicek kelistrikannya, sehat atau tidak. Sebab, ini menjadi momok dari NSR ketika ada sedikit masalah di kelistrikan. Komponen seperti RC Valve juga bisa rusak," ujar Ervino, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ervino menambahkan, bagian kiprok juga perlu diperhatikan, apakah masih berfungsi dengan bagus. Sebab, jika aki tidak melakukan pengisian, kekurangan setrum di aki juga bisa berakibat komponen RC Valve rusak.

Baca juga: Pamor Honda NSR 150 Series yang Naik Lagi

"Terakhir, cek juga komponen RC Valve-nya menyala atau tidak. Kalau komponen yang satu ini tidak berfungsi, motor tidak akan bisa mengebut," kata Ervino.

Untuk diketahui, RC Valve berfungsi untuk memaksimalkan pemakaian bahan bakar sesuai dengan kebutuhan RPM.

Hasilnya, konsumsi bahan bakar tetap irit, tapi motor lebih bertenaga. Di pasaran, harga RC Valve orisinil keluaran Honda bisa mencapai Rp 3 jutaan, dan tidak banyak stoknya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X