Mengingat Lagi Tiga Motor Ayam Jago Legendaris Indonesia

Kompas.com - 11/11/2019, 09:02 WIB
Yamaha Champ Foto: YoutubeYamaha Champ

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika sepeda motor underbone atau cub biasa disebut sebagai bebek, maka jenis ini dengan garpu ala motor batangan sering disebut ayago alias ayam jago.

Popularitas ayago memang tidak sementereng motor bebek. Bahkan saat era bebek merajai jalanan pada 90'an dan awal 2000'an, populasi ayago yang disebut bebek sport ini tidak sebanyak saudaranya.

Baca juga: Demi Eksistensi, Suzuki Satria F150 Ikut Bersolek

Alasannya harga ayago biasanya lebih mahal dari bebek. Selain itu citra ayago juga berbeda dari bebek, ayago punya kesan sebagai motor kencang, berbeda dengan bebek yang lebih bersahaja.

Jika saat ini ayago mengerucut pada dua nama yaitu Suzuki Satria F150 dan Honda Sonic 150, namun di era 90'an pilihan ayago lebih berwarna. Desainnya juga tidak kalah keren untuk ukuran motor zaman itu.

Suzuki RC SprinterFoto: Authgram.com Suzuki RC Sprinter

1. Suzuki RC Sprinter

Suzuki RC Sprinter melucur pada tahun 1988. RC Sprinter bisa dibilang merupakan kakek buyut Satria F150. Karena populasinya sedikit, motor ini sering jadi buruan kolektor.

Suzuki RC Sprinter mengusung mesin 2-tak berkapasitas 99.6cc (100cc) berpendingin udara. Tenaga yang dihasilkan yaitu 9.5 tk pada 6.500rpm dan torsi 1.15kg.m pada 5.000rpm.

Kapasitas tangki bahan bakar 4.5 liter dengan oli samping 1.2 liter. Suspensi depan teleskopik dan belakang dual shock. Pengereman masih andalkan teromol depan belakang.

2. Yamaha Champ

Salah satu motor ayago paling legendaris. Yamaha Champ meluncur pada akhir 1989, motor ini hadir untuk menantang Suzuki RC Sprinter yang kala itu hadir memikat dengan desain unik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X