Tumbuh Layu Cross Serta Peluang Raize dan Rocky

Kompas.com - 05/11/2019, 07:02 WIB
Datsun Cross. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIDatsun Cross.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghentikan sementara produksi Datsun Cross di Tanah Air. Kini, pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat, hanya fokus membuat model GO dan GO+.

Head of Communication PT NMI Hana Maharani mengatakan, keputusan itu tercipta bercermin dari kondisi pasar. Salah satu pertimbangannya, menyangkut besaran pesanan yang masuk ke perusahaan.

"Kita me-review rencana produksi sesuai dengan permintaan pelanggan dan tren pasar. Saat ini, prioritas produksi kami adalah Datsun Go dan Go+," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Baca juga: Datsun Indonesia Stop Pasokan Cross

Datsun Cross sudah memiliki fitur VDC.ISTIMEWA Datsun Cross sudah memiliki fitur VDC.

Datsun mencoba memposisikan Cross ke segmen baru yang belum ada pemainnya kala itu. Multi Purpose Vehicle (MPV) segmen A dengan karakter sport utility vehicle (SUV), maka disebut crossover. Perpaduan antara dua segmen, MPV dan SUV. 

Namun, setelah setahun melantai, segmen crossover murah tampaknya belum begitu menanjikan dibandingkan model GO dan GO+ yang berstatus low cost green car (LCGC). "Karena pasarnya seperti itu, kita mengikuti permintaan dan tren pasar," ujar Hana.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, sepanjang 2018 GO dan GO+ mampu terjual secara wholesales (pabrik ke diler) sebanyak 9.045 unit, turun 13 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Pabrik Nissan Tutup, Bagaimana Nasib Pegawainya?

Sementara Cross, yang baru saja diperkenalkan di awal 2018 dengan banderol Rp 163 juta, mencetak penjualan sebanyak 2.296 unit.

Adapun penjualan selama Januari-September 2019, Cross hanya mampu berkontribusi sebesar 1.862 unit, atau sekitar 27 persen dari total jualan Datsun di Indonesia.

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky

Peluang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Pada kesempatan terpisah, Toyota dan Daihatsu disebut tengah merencanakan untuk membawa produk terbaru yang mengisi segmen pasar serupa Cross, yaitu Raize dan Rocky.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X