Drama Suzuki Ecstar Sebelum MotoGP Jepang, Langgar Aturan Spek Mesin

Kompas.com - 20/10/2019, 09:27 WIB
Sylvain Guintoli Foto: Crash.netSylvain Guintoli
|

MOTEGI, KOMPAS.com - Tim Suzuki Ecstar menurunkan tiga pebalap sekaligus di balapan rumah GP Jepang, di Sirkuit Motegi, yaitu Alex Rins, Joan Mir, dan pebalap penguji Sylvain Guintoli.

Sayangnya Guintoli yang ikut balap berstatus wild card untuk kedua kalinya musim ini, harus didiskualifikasi pada sesi latihan bebas pada FP1 dan FP2 karena menggunakan mesin GSX-RR spek 2020.

Baca juga: Marquez Catat Sejarah Baru di MotoGP Jepang

FIM Steward memutuskan Guintoli dan Suzuki bersalah karena memakai spek mesin di luar aturan. Sebab perubahan apapun menyangkut spesifikasi mesin tidak diperbolehkan selama musim bergulir.

Pebalap Suzuki Alex Rins mengalahkan Marc Marquez di MotoGP Inggris.Crash.net Pebalap Suzuki Alex Rins mengalahkan Marc Marquez di MotoGP Inggris.

Manager Tim Suzuki Ecstar MotoGP Davide Brivio, mengatakan, pihaknya memang memakai mesin spek 2020, tapi hal itu karena kesalahpahaman karena mengira mesin itu legal untuk pebalap wildcard.

“Kemarin kami memiliki kesalahpahaman sehubungan dengan peraturan, bahwa kami harus menukar mesin di motor Sylvain pagi ini (sebelum FP1 dimulai)," kata Davide mengutip Crash.net, Sabtu (19/10/2019).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang, Marquez Terdepan, Rossi ke Sepuluh

Guintoli pun mengatakan, Suzuki tidak berupaya menyembunyikan mesin baru saat FP1 dimulai. Ketika putusan itu dikeluarkan Suzuki pun mengkonfirmasi memang menggunakan mesin prototipe 2020.

"Kami sedang mengerjakan mesin 2020 kami dan kami mendapatkan data serta umpan balik yang baik. Saya berhasil mengatur putaran terbaik saya di Motegi, sehingga terasa baik," katanya.

Adapun Guintoli kembali memakai mesin 2019 pada FP3 dan kualifikasi. Di QTT catatan tak terlalu bagus, dia akan start dari posisi ke-21, sedangkan Alex Rins dan Joan Mir masing-masing posisi ke-11 dan 12.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X