Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Catat Sejarah Baru di MotoGP Jepang

Kompas.com - 19/10/2019, 15:12 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kualifikasi MotoGP Jepang telah menempatkan Marc Marquez pada pole position (19/10/2019). Hasil ini merupakan sejarah baru buat sang pebalap, karena baru kali pertama pebalap Repsol Honda tersebut bertengger di urutan teratas pada kualifikasi di sirkuit Twin Ring Motegi.

Performa baik Marquez sebelumnya sudah terlihat sejak sesi latihan bebas keempat (FP4), di sana ia sukses mengasapi pebalap lainnya. Pada sesi Q2, hal tersebut kembali diulang, hingga membuatnya meraih posisi pertama pada balap esok hari.

Untuk diketahui dari 19 kalender balap MotoGP musim 2019, hanya di sirkuit Twin Ring Motegi, Marquez belum pernah start dari urutan terdepan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang, Marquez Terdepan, Rossi ke Sepuluh

Sirkuit Motegi Jepang.Motorsport.com Sirkuit Motegi Jepang.

“Ini adalah pole position pertama saya di Motegi, satu-satunya sirkuit yang belum pernah saya mulai dengan pole position,” kata Marquez, dilansir dari Crash.

Menurutnya, ia merasa puas dan senang. Padahal saat kualifikasi berlangsung, ia tak merasa begitu kuat. Sebab kondisi trek tak sepenuhnya kering, separuh jalan masih basah katanya. Maka tak heran jika ia begitu bangga dengan hasil ini.

Balap esok hari diprediksi akan berlangsung kering dan cerah, jalannya lomba diprediksi akan semakin seru. Sebab banyak pebalap masih memperebutkan gelar juara kedua.

Baca juga: Sisa Empat Seri, Dovi Fokus Raih Runner-up MotoGP 2019

Marc Marquez meranyakan gelar juaranya usai mengunci kemenangan di GP Thailand (6/10/2019).twitter Marc Marquez meranyakan gelar juaranya usai mengunci kemenangan di GP Thailand (6/10/2019).

“Kita akan lihat besok, pebalap Yamaha punya kecepatan yang baik, Dovizioso pun demikian, besok kami akan keluarkan 100 persen,” ucapnya.

Mendapat pole position, jadi modal Marquez untuk lebih percaya diri pada balap esok hari. Ia tetap yakin, meski sebetulnya dibayangi beberapa hal.

“Meski berada di markas Honda, tempat ini bukan sirkuit terbaik buat kami. Tapi target utama adalah mencoba untuk finis di podium,” ujar Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com