Berapa Banyak Ekspor Otomotif dari Indonesia ke Vietnam?

Kompas.com - 07/10/2019, 08:22 WIB
Jajaran Mitsubishi Xpander siap di ekspor ke mancanegara. Seremonial ekspor ini dihadiri Presiden Joko Widodo, Rabu (25/4/2018) Kompas.com/Febri ArdaniJajaran Mitsubishi Xpander siap di ekspor ke mancanegara. Seremonial ekspor ini dihadiri Presiden Joko Widodo, Rabu (25/4/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com – Isu mengenai tersendatnya ekspor mobil secara utuh (CBU) dari Indonesia ke Vietnam kembali hangat. Hal ini mencuat setelah Vietnam kabarnya menerapkan pajak konsumsi spesial (special consumption tax/SCT).

Padahal pengiriman kendaraan ke sana sedang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Peraturan dalam negeri Vietnam secara tak langsung bakal menurunkan performa ekspor Indonesia.

Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (Imatap) Kementerian Perindustrian RI, mengatakan, pada periode Januari–Juli 2019 total ekspor mobil ke Vietnam mencapai angka 22.557 unit.

Baca juga: Vietnam Jegal Lagi Impor CBU, Pemerintah Kembali Lobi

Jajaran Mitsubishi Xpander siap di ekspor ke mancanegara. Seremonial ekspor ini dihadiri Presiden Joko Widodo, Rabu (25/4/2018)Kompas.com / Febri Ardani Jajaran Mitsubishi Xpander siap di ekspor ke mancanegara. Seremonial ekspor ini dihadiri Presiden Joko Widodo, Rabu (25/4/2018)

“Padahal pada periode yang sama tahun 2018, jumlahnya hanya sekitar 17.798 unit,” katanya kepada Kompas.com (4/10/2019).

Secara lebih rinci, Putu menjabarkan produsen-produsen mana saja yang yang mengekspor ke Vietnam. Menariknya, Mitsubishi jadi merek yang mengirimkan kendaraan terbesar ke sana, yakni 8.318 unit.

Menariknya, mulai 2020, prinsipal Mitsubishi di Jepang sudah mengumumkan bakal merakit lokal Xpander di Vietnam. Artinya, kalau sudah diproduksi Vietnam, ekspor Mitsubishi dari Indonesia, yakni model yang sama, terancam musnah.

Posisi kedua dan ketiga, ditempati Daihatsu dengan angka 6.166 unit, serta disusul Toyota dengan 5.272 unit. Berikutnya diisi oleh Honda sebanyak 2.551 unit dan merek kendaraan komersial Hino sebanyak 250 unit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X