PLN Akan Luncurkan SPKLU di Tempat Khusus

Kompas.com - 12/09/2019, 10:22 WIB
Stasiun pengisian bahan bakar listrik disiapkan di area parkir kendaraan di kawasan Nusa Dua, Bali, tempat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), Selasa (1/10/2013). Stasiun ini akan melayani pengisian bahan bakar mobil listrik yang digunakan selama perhelatan berlangsung. KOMPAS / HERU SRI KUMOROStasiun pengisian bahan bakar listrik disiapkan di area parkir kendaraan di kawasan Nusa Dua, Bali, tempat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), Selasa (1/10/2013). Stasiun ini akan melayani pengisian bahan bakar mobil listrik yang digunakan selama perhelatan berlangsung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meyakinkan masyarakat mengenai infrastruktur kendaraan listrik, Perusahaan Listrik Negara ( PLN) akan menunjukkan komitmennya dengan membangun SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). SPKLU ini nantinya akan memiliki konsep yang sama seperti SPBU (Stasiun Pengisian Bensin Umum).

Jadi, SPKLU ini akan berada di satu tempat khusus. Di tempat tersebut, akan tersedia beberapa SPKLU, yang sesuai namanya, memang untuk kendaraan listrik, baik mobil, motor, atau mungkin bus sekalipun.

Baca juga: PLN Sudah Punya 7.000 Lebih SPLU di Indonesia

Ikhsan Asaad, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), menyebutkan bahwa PLN akan meluncurkan stasiun pengisian khusus kendaraan listrik pada tanggal 27 Oktober 2019.

PLN akan bangun SPKLU di tempat khusus.Kompas.com/Donny PLN akan bangun SPKLU di tempat khusus.

"Akan ada di beberapa tempat, bukan hanya di Jakarta, tapi juga di Bandung, Bali, Surabaya, dan Makassar," ujar Ikhsan, saat seminar dalam pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, di Balai Kartini, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sekarang ini, PLN sudah memiliki lebih dari 7.000 SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum), dengan 1.922 SPLU di antaranya berada di Jakarta.

Baca juga: Apa Perbedaan SPLU dengan SPKLU buat Kendaraan Listrik?

Namun, itu masih SPLU, yang bisa dipakai juga untuk kepentingan lain selain mengisi daya kendaraan listrik. Untuk SPKLU, PLN belum menyebutkan ada berapa jumlah yang sudah mereka dirikan di Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X