Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ertiga Jadi Mobil Penumpang Terlaris Suzuki di Cirebon

Kompas.com - 28/08/2019, 11:27 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Penjualan Suzuki All New Ertiga, rupanya berkontribusi cukup signifikan di Cirebon, Jawa Barat. Hal ini terbukti dari pencapaian positifnya pada semester awal 2019.

Menurut General Manager PT Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) Septian Ricky Herisman, diler resmi Suzuki di area Jawa Barat yang telah memiliki delapan jaringan, sepanjang Januari hingga Juli 2019, market share Suzuki di Cirebon mencapai 9,2 persen.

Dari jumlah tersebut, Ertiga menjadi produk yang paling dominan dibandingkan jenis kendaraan penumpang Suzuki lainnya di area Cirebon.

Baca juga: Suzuki Kasih Sinyal Hadirnya Ertiga Crossover

"Tren penjualan cukup positif, Ertiga sendiri berkontribusi sebesar 18,3 persen terhadap penjualan di PT CDPB pada periode tersebut. Kita juga optimis dapat menguasai 11 persen pangsa pasar di Cirebon sampai akhir 2019," kata Septian kepada wartawan di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019 Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019

Menurut dia, berdasarkan data, konsumen Ertiga di Cirebon lebih didominasi oleh keluarga muda dengan rentang usia antara 30-45 tahun. Bahkan rata-rata memilih Ertiga dikarenakan masalah tampilannya yang lebih sporty dibandingkan kompetitor.

Sedangkan untuk Carry Pikap, Septian mengatakan telah menjadi model terlaris Suzuki di area Cirebon. Penguasaan pasarnya mencapai 51 persen yang juga sekaligus menjadi market leader.

Baca juga: Harga Pikap Esemka Akan Bersaing dengan Carry dan Granmax

Pengujian Suzuki Carry pikap di jalur Merapi Kaliurang YogyakartaKompasOtomotif - AFH Pengujian Suzuki Carry pikap di jalur Merapi Kaliurang Yogyakarta

Untuk target, dengan pencapain saat ini serta sedang meningkatnya kebutuhan kendaraan niaga ringan di Cirebon, diharapkan Carry bisa merebut pangsa pasar hingga 60 persen sampai akhir 2019.

"Kendaraan niaga juga sedang maju, apalagi kalau dilihat Cirebon ini memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Barat. Jadi sektor cukup banyak, selain dari perikanan, ada juga dari industri rotan dan buah-buahan," ujar Septian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com