Peluang Toyota Crown Hybrid Jadi Mobil Menteri Jokowi

Kompas.com - 22/08/2019, 10:18 WIB
Toyota Crown Royal Salon Generasi ke-13 istimewaToyota Crown Royal Salon Generasi ke-13
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran Menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) masa jabatan 2019-2024, akan mendapatkan mobil dinas baru. Model yang dipakai diprediksi antara merek Toyota atau BMW, yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk, sebagai pemenang tender pengadaan kendaraan dinas menteri.

Biyouzmal, Operation Manager Auto2000 Wilayah DKI 1, salah satu diler Toyota mengatakan, tidak tahu mengenai tender pengadaan mobil dinas menteri. Namun tak heran jika mobil menteri akan kembali pakai Toyota.

Baca juga: Sejarah Mobil Menteri di Indonesia, dari Merek Amerika Sampai Jepang

"Ya tahun lalu (kabinet sebelumnya) kan Toyota, melihat itu arahnya bisa ke sana lagi. Tapi itu ranahnya TAM ( Toyota Astra Motor) karena kita hanya penyelenggara, sedangkan itu sifatnya bisnis," kata Biyouzmal kepada Kompas.com, Kamis (22/8/2019).

Berkembang isu, mobil baru tersebut, yaitu Toyota Crown Hybrid. Melihat spesifikasi, sedan mewah ini masuk dalam persyaratan. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No.577/KM.6/2017.

Mobil menteri kualifikasi A1 harus berwujud sedan dengan mesin 3.500 cc, enam silinder atau sport utility vehicle (SUV) 3.500 cc, enam silinder. Crown generasi ke-15 ini memiliki varian mesin 3.5L V6 hybrid.

Baca juga: Mobil Menteri Kabinet Kerja, Warisan dari Era SBY

Mengapa Crown Hybrid, sebab hanya itu jajaran sedan Toyota berkubikasi 3.500 cc enam silinder. "Saat ini kita tidak ada sedan 3.500 cc, kalau Crown saya tidak tahu hal itu ya," katanya.

Ketika dimintai keterangan mengenai rumors ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy menolak berkomentar lebih jauh.

"Soal mobil dinas menteri, sejauh ini belum ada komentar," ucap Anton singkat menjawab pertanyaan Kompas.com melalui pesan singkat beberapa waktu lalu.

Pemenang Tender
Mobil baru menteri periode 2019-2024 mengerucut pada dua nama karena pemenang tender pengadaan mobil ialah PT Astra Internasional, yakni perusahaan induk dari Toyota Astra Motor dan juga BMW Astra.

PT Astra International keluar menjadi pemenang tender dengan penawaran Rp 147.229.317.000. Astra dinyatakan sah jadi penyedia setelah lulus syarat kualfikasi yang dimaksudkan mencakup banyak hal.

Adapun sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga periode 2019 ini, mobil dinas para menteri belum pernah ganti, atau tetap menggunakan Toyota Crown Royal Saloon.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X