Dua Merek Otomotif Baru Ingin Masuk Indonesia

Kompas.com - 29/07/2019, 07:41 WIB
Hyundai Kona 2.000 cc Hyundai Kona 2.000 cc

TANGERANG, KOMPAS.com - Indonesia masih menjadi tempat yang potensial untuk industri otomotif. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya produsen otomotif yang berkomitmen menanamkan investasinya di tanah air.

Dalam waktu dekat, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) mencatat akan ada dua merek baru yang masuk ke Indonesia, yakni Hyundai dan BYD.

"Hyundai akan investasi dalam jumlah besar dan bangun pabriknya di Indonesia. Lalu mobil dari China (BYD) sangat berpotensi karena mereka mengejar opportunity di Indonesia. Mereka (BYD) juga mengincar Indonesia jadi basis produksi," kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi di GIIAS 2019, Tangerang, Sabtu (27/7/2019).

Baca juga: Luhut Sebut 2 Lokasi Hyundai untuk Bangun Pabrik Mobil Listrik

Bahkan, Hyundai dikabarkan akan melakukan komunikasi lanjutan untuk investasi di Indonesia. Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah bertemu dengan pihak Hyundai membahas mobil listrik hingga mobil terbang.

Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75DKompas.com/Setyo Adi Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D

"Kalau saya tidak salah, November nanti Presiden Jokowi akan ke Korea Selatan untuk membahas lanjut tentang komitmen Hyundai. Jadi memang nampaknya sudah positif. Investasi Hyundai ini tidak sama dengan KIA, jadi berbeda. Lagipula sekarang KIA sudah dipegang ke Indomobil Group," ucap Nangoi.

Baca juga: Alasan BYD Belum Melirik Morowali untuk Pabrik Baterai

Sedangkan untuk komitmen BYD, Nangoi masih enggan menyatakan secara pasti. Hanya saja produsen mobil listrik terkemuka asal China itu sangat tertarik untuk berkompetisi di Indonesia.

"Sampai saat ini baru dua itu (yang akan masuk Indonesia)," kata Nangoi.

Hyundai H-1 di GIIAS 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Hyundai H-1 di GIIAS 2019

Investasi Rp 40 T

Sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, mengatakan, Hyundai menyampaikan keinginannya untuk berinvestasi di Indonesia. Rencana pembangunan pabrik baru Hyundai Motor Company (HMC), akan dilakukan di wilayah Jawa Barat.

Umar mengatakan, para investor Korsel tertarik untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia dan Jawa Barat sebagai kawasan yang potensial. "Kami datang satu tim untuk melihat ke depan apa saja yang jadi prioritas bisa dikerjakan bersama," kata Umar, di Jawa Barat, Jumat (28/6/ 2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X