Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2019, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesian (MMKSI) bersama pereli nasional Rifat Sungkar meresmikan tim Xpander Rally Team (XRT). Pembentukan tim reli ini merupakan langkah lanjutan perkenalan Xpander AP4 yang sempat dihadirkan April 2019.

Xpander yang digunakan untuk berkompetisi merupakan produk MPV sejuta umat andalan MMKSI. Tentunya dengan sentuhan modifikasi agar bisa bersaing dengan tim lain yang menggunakan karakter mobil selain MPV.

"Setelah sukses dalam penjualan, kita mau mengeksplor kemampuan Xpander. Bukan hanya mobil keluarga tapi bisa lebih luas, misalnya mobil reli ini," ucap Deputy Group Head of Coodination and Development Office PT MMKSI Intan Vidiasari, Minggu (21/7/2019).

Xpander AP4 ditargetkan ikut kejuaraan reli nasional dan internasionalKompas.com Xpander AP4 ditargetkan ikut kejuaraan reli nasional dan internasional

Produk terbaru

Intan menjelaskan nantinya hasil perlombaan dan kegiatan di reli Asia Pasifik ini akan digunakan untuk pengembangan produk dengan dilaporkan ke kantor pusat Mitsubishi. Sebagai bocoran, Xpander AP4 akan menjadi jembatan untuk produk terbaru Mitsubishi yang akan dikenalkan tahun ini.

Baca juga: Journey of Wonder Andalkan Mitsubishi Pajero Sport

Rencananya Rifat akan dinavigatori oleh M. Redwan dan siap berlaga di kejuaraan reli Asia Pasifik mulai Agustus mendatang. MMKSI menyatakan siap mendukung kiprah pebalap Indonesia di kancah dunia tersebut.

Rifat menjelaskan, kompetisi AP4 adalah kelas baru di reli Asia Pasifik. Kelas ini mengharuskan setiap produsen menggunakan 80 persen bodi asli dan hanya menyesuaikan pada suspensi dan mesin.

Xpander AP4 Concept Xpander AP4 Concept

90 persen siap

"Saya sendiri belum mencoba mobil ini karena baru akan dicoba pada putaran pertama di New Zealand mendatang. Mobil yang dilihat ini sudah 90 persen siap dan saya yakin dia dilahirkan dengan aura kompetisi," ucap Rifat.

Xpander sendiri dinilai bisa untuk ikut balap reli karena ada beberapa bagiannya yang mirip dengan sedan Mitsubishi Evo. Ini juga yang membuat Rifat percaya diri mengubah Xpander untuk digunakan reli.

"Cross weightnya hampir setara dan membuat titik berat Xpander sempurna. Ini salah satu ramuan utama dari mobil kompetisi khususnya reli," ucap Rifat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.