Jelajah Tiga Kota Joglo-Semar Bersama Nissan Livina

Kompas.com - 28/06/2019, 14:26 WIB
Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan kembali melanjutkan media test drive All New Livina dalam program "Cerita Livina". Setelah sebelumnya di Aceh, kali ini giliran menjajal performa kembaran Xpander ini melintasi ruas Tol Trans Jawa untuk menyambangi tiga kota di sekaligus, yakni Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Dari awal perjalanan, redaksi Kompas.com dan tiga rekan jurnalis lainnya berkesempatan membawa Livina varian tertinggi, yakni VL AT. Sebagai model teratas yang dipasarkan sebesar Rp 262,9 juta sudah tentu dari tampilan eksterior dan fitur jauh lebih lengkap dari model sebelumnya.

Sementara bila dibandingkan dengan Xpander, boleh dibilang lebih banyak ke arah estetika dan beberapa sentuhan ringan lainnya. Paling besar memang dari segi fitur, sementara untuk urusan tenaga, sama-sama menggunakan basis mesin berkubikasi 1.500 cc.

Baca juga: Desain Khas All New Nissan Livina

Perjalanan dimulai dari Klenteng Sam Poo Kong di Semarang, setelah itu berlanjut melintasi kawasan Kota Lama menuju Gereja Blenduk yang memiliki banyak nilai sejarah. Rute perkotaan ini menjadi ajang pembuktian kenyamanan Livina saat dikendarai di kawasan padat lalu lintas.

Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta
Dari segi akselerasi, Livina cukup responsif saat dihadapi kondisi stop and go. Sementara untuk handling ketika menyalip beberapa kendaraan serta melintasi ruas jalan yang sempit juga tidak ada bedanya dengan Xpander, entengnya putaran kemudi menjadi kunci bagi low multi purpose vehicle (LMPV) Nissan ini nyaman diajak menyelusuri perkotaan.

Performa

Lepas dari Semarang, rombongan langsung menuju kota Solo melewati ruas tol Ungaran-Solo yang masuk dalam bagian Tol Trans Jawa.

Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta

Seperti diketahui, sektor ini menjadi salah satu ruas tol favorit, karena selain menyajikan pemandangan alam yang indah, rute yang disajikan juga beragam. Mulai dari jalan berkelok, tanjakan dan turunan curam, sampai lintasan lurus.

Performa Livina hampir tak mengecewakan pada lintasan lurus, saat kaki menekan habis pedal gas alias kickdown, tenaga pun langsung merangkak naik. Putaran atasnya cukup bertenaga meski terasa sedikit lambat, apalagi saat blower AC tengah dinyalakan, laju mobil terasa tertahan.

Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta

Namun demikian, kondisi ini ini cukup wajar mengingat statusnya sebagai mobil keluarga yang lebih mengutamakan kenyamanan. Menariknya lagi, meski downgrade karena tak lagi menggunakan transmisi CVT seperti model sebelumnya, tapi tiap perpindahan gigi masih terbilang halus tanpa entakan.

Baca juga: Simak Performa All New Nissan Livina

Melintasi ruas jalan berkelok pada kecepatan tinggi, Livina mampu memberikan handling terbaik dengan minim gejala limbung. Bahkan feeling berkendara bisa dibilang sama dengan Xpander.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X