Simak Performa All New Nissan Livina

Kompas.com - 13/06/2019, 14:02 WIB
Tes perdana All New Nissan Livina di Banda AcehKompas.com/Setyo Adi Tes perdana All New Nissan Livina di Banda Aceh

JAKARTA, KOMPAS.com -   Nissan menghadirkan All New Livina dengan beragam perubahan secara desain. Namun di baliknya terdapat mesin yang serupa dengan kembarannya, Mitsubishi Xpander.

Nissan menawarkan mesin 4 silinder 1.499 cc DOHC twin TVC. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 104 tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada putaran 4.000 rpm yang dipasangkan dengan transmisi otomatis empat percepatan.

Kompas.com mendapat kesempatan menjajal All New Livina ini di jalanan kota Banda Aceh. Perjalanan juga menempuh jarak hingga 300 kilometer dalam perjalanan seputar kota Serambi Mekah tersebut.

Jalan di perkotaan dengan low MPV terbaru ini terasa sangat pas. Mesin memberikan asupan tenaga saat kondisi stop and go tanpa masalah.

Jalan antar kota memberikan nuansa berbeda. Menuju Meulaboh, jalan lurus dan lebar menjadi tempat merasakan tenaga mesin secara maksimal.

Pemilu dan Demo Bikin Penjualan Nissan Melambat

Perpaduan transmisi otomatis dan mesin 1.500 cc ini terbilang moderat untuk perjalanan luar kota. Hentakan tenaga terasa diputaran bawah hingga tengah, meski reaksi dari perpindahan gigi transmisi cukup lamban.

Perjalanan dilanjutkan dengan bertemu tanjakan, turunan dan kelokan. Livina terbaru memberikan sudut pandang yang lebar dimana pilar A juga tidak memberikan halangan ketika jalanan berkelok. Kemudi tidak terlalu berat, memudahkan manuver dalam kondisi jalan yang beragam.

Catatan tersendiri hadir di pengaturan pergantian transmisi otomatisnya. Terkadang pengemudi harus menekan pedal cukup lama sampai mesin memberikan tenaga untuk mobil menanjak. Upaya yang dapat dilakukan dengan menurunkan tuas transmisi ke gigi rendah.

Tes perdana All new nissan LivinaNMI Tes perdana All new nissan Livina

Kenyamanan tambahan didapat dari settingan suspensi pada Livina terbaru yang mengunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion beam dengan coil spring di belakang. Dalam menghadapi beragam jalan luar kota, bodi low MPV ini tidak limbung dan suspensi tidak terlalu kaku.

Kelebihan lainnya adalah jarak ground clearence 205 mm mampu membuat mobil ini melewati beragam jalan. Misal pada saat pengetesan ini, Livina dibawa melewati hutan tanpa khawatir bagian dasarnya tersangkut beragam batu yang dilewati.

Kemudahan berkendara dengan Livina terbaru juga didapat dari hadirnya beberapa fitur seperti hadirnya ABS EBD, vehicle dynamic control, traction control system, SRS Airbag di baris depan, auto hazard light untuk darurat serta fitur hill start assist. Dari sisi kemudahan, Livina terbaru hadir dengan sensor dan kamera belakang, intelligent key system dengan start stop engine.

Kesimpulan

All New Nissan Livina bisa dikatakan membawa misi berat untuk menjadi berbeda dengan kembarannya. Dan ini berhasil dilakukan dengan menghadirkan desain dan fitur yang cukup lengkap untuk konsumen low MPV.

Soal kenyamanan, Nissan berhasil mempertahankan keunggulan Livina terdahulu pada produk baru ini. Meski penggunaan transmisi otomatis yang ada saat ini perlu ada perhatian dari Nissan untuk pengembangan produk ke depannya.

Harga Rp 261,9 juta mampu menjawab apa yang diberikan pada konsumen. Bagi yang tidak ingin terlalu mewah, Nissan menyediakan empat varian lain yakni VE AT, EL AT, EL MT, dan E MT yang dibanderol mulai Rp 198,8 juta.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X