Cara Merawat "Power Amplifier" Audio di Mobil

Kompas.com - 12/06/2019, 13:49 WIB
Modifikasi audio juga jadi salah satu faktor penilaian juri. Febri Ardani Modifikasi audio juga jadi salah satu faktor penilaian juri.

JAKARTA, KOMPAS.com -Pemilik mobil yang sudah memodifikasi sistem audio, perlu tahu bahwa power amplifier juga perlu dirawat. Selain itu, lokasi penyimpanannya juga harus diperhatikan.

Jangan sampai karena letaknya salah, usia dari salah satu perangkat audio itu malah jadi pendek. Secara umum selalu di tempatkan di bawah jok atau tempat lain yang sifatnya tersembunyi.

Pujiyanto Suryana, teknisi audio dari MusicArt, mengatakan bahwa power amplifier sebenarnya less maintenance alias tidak butuh banyak perawatan. Namun, yang paling penting, yaitu sirkulasi udara tempat penyimpanan harus cukup baik.

Baca juga: Tips Modifikasi Audio untuk Mobil Harian

"Jadi, meskipun disimpan di bawah bangku atau tempat lain, power amplifier harus diberikan sirkulasi udara yang cukup," ujar Puji, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Puji menambahkan, perangkat audio ini tidak boleh ditutup karpet atau sejenisnya. Salah satu komponen pada sistem audio ini harus bekerja pada suhu normal dan jangan dibiarkan berada dalam suhu terlalu panas.

Baca juga: Investasi Audio buat di Kabin Mobil

Selain itu, kebersihannya juga perlu dijaga. Lubang keluarnya hawa panas yang bersih juga berpengaruh terhadap performa power amplifier. Jadi disarankan Anda selalu menjaga ventilasi udara agar hawa panas tidak terkumpul di dalam perangkat itu.

"Untuk membersihkan komponen tersebut juga cukup dilap biasa saja, tidak masalah," kata Puji.




Close Ads X